Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Kaji Pencabutan Ganjil-Genap di Hari Minggu

Kompas.com - 24/08/2018, 14:11 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengaku puas dengan rekayasa lalu lintas yang dibuat selama gelaran Asian Games 2018 berlangsung. Kondisi ini dinilai dari waktu tempuh mobilisasi para atlet yang berjalan sesuai target.

"Menurut catatan waktu yang ditetapkan panitia bisa dipenuhi, jadi tidak ada satu hal yang kurang. Saya juga memastikan bahwa bus yang kita siapkan berjalan dengan baik, masyarakat juga telah mendukung kelancaran Asian Games 2018, saya mengapresiasi hal itu," ucap Budi dalam siaran resminya, Kamis (23/8/2018).

Bahkan dengan kelancaran waktu tempuh atlet, rencananya Budi akan mengkaji untuk melakukan pencabutan penerapan perluasan ganjil-genap di Jakarta khusus pada hari Minggu. Namun begitu, dia menyampaikan bila nantinya keputusan tetap ada di tangan panitia penyelenggara.

Baca juga: Catat, Ada Penutupan Jalan Jakarta Akhir Pekan Ini

Lebih lanjut Budi menjelaskan, bila pemerintah dalam menerapkan peraturan atau regulasi lalu lintas Asian Games tidak dengan sembarangan. Semuanya telah melewati kajian dan perbincangan banyak pihak terkait.

Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berpelat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berpelat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap.

Kondisi ini dibuktikan melalui adanya evaluasi-evaluasi kebijakan. Salah satu contohnya seperti pembatalan rencana menutup sejumlah pintu tol secara permanen di beberapa ruas selama Asian Games 2018 berlangsung.

"Dalam melakukan suatu kendali lalu lintas kami tidak sewang-wenang. Buktinya kami melalukukan beberapa pengurangan, jalan tol yang semula akan ditutup 11 atau tujuh pintu, kita putuskan tidak ada yang ditutup. Untuk hari Minggu akan kita kaji," ujar Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com