Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Negatif di GIIAS 2018, Ini Kata Toyota

Kompas.com - 16/08/2018, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) menuai surat pemesanan kendaraan (SPK) lebih sedikit pada GIIAS 2018, jika dibandingkan dengan pameran otomotif yang sama pada 2017 lalu.

Penurunannya bahkan mencapai dua digit atau sebesar 15,61 persen menjadi 6.022 unit. Padahal pada tahun lalu perolehannya bisa mencapai 7.136 unit.

Menanggapi hal tersebut, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor menganggap GIIAS kali ini target utama tercapai, di mana apresiasi pengunjung pada eksibisi teknologi dan inspirasi sangat positif.

Terkait faktor penurunan pengunjung dibanding tahun lalu, Soerjopranoto menyebut itu belum tentu berefek langsung, pada pencapaian penjualan, karena soal itu faktornya banyak.

Baca juga: Avanza Masih Jadi Andalan Toyota

Komunitas kunjungi GIIAS 2018 Komunitas kunjungi GIIAS 2018

“Menurut saya ada beberapa faktor yang berpengaruh pada nilai transaksi, yang tampak lebih rendah dibanding tahun lalu. Sebagai contoh, tahun lalu ada beberapa produk baru yang bermunculan di segmen besar, dan jadi pemicu juga pasarnya berkembang, dan dapat terlihat di transaksi yang bagus,” ujar Soerjopranoto kepada KOMPAS.com, Rabu (15/8/2018).

Faktor lain, lanjut Soerjo, adalah perubahan perilaku, di mana pengunjung datang ke sebuah pameran hanya sekedar window dressing dan bukan lagi menjadi tempat utama buat spending.

"Pasalnya dealer sudah semakin banyak dan mudah diakses,” kata Soerjopranoto.

Dirinya menuturkan, yang harus dilihat apakah nantinya itu semua memberikan efek lebih positif pasca pameran GIIAS terutama.

“Artinya penyelenggaraan GIIAS kali ini lebih berhasil dari sisi pamerannya, pengunjung datang dan dapat terpuaskan. Mereka mendapat semua informasi baik produk dan teknologi saat ini, maupun yang masa mendatang, Tidak semata mata untuk bertransaksi,” ucap Soerjo.

Dia mengaku bangga kalau bisa menjadikan GIIAS setara dengan pameran otomotif di negara maju lain.

Toyota Mirai di GIIAS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Mirai di GIIAS 2018

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com