Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban Toyota Soal Avanza Kalah dari Xpander

Kompas.com - 07/08/2018, 11:03 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mitsubishi Xpander berhasil menjadi raja di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) untuk semester pertama 2018. Total penjualan dari pabrik ke diler selama enam bulan pertama tahun ini mencapai 39.948 unit.

Hasil tersebut menumbangkan Toyota Avanza yang selama ini selalu menduduki posisi puncak. Mobil yang punya julukan sejuta umat itu selama semester satu 2018 terjual 39.455 unit atau selisih 493 unit dari Xpander.

Fransiscus Soerjopranoto, Deputy Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, Toyota tidak pernah melihat ini sebagai persaingan. Dalam arti, tidak ada keinginan untuk mengalahkan atau saling membunuh, tetapi lebih kepada pasar yang berkembang.

Baca juga: Toyota: Avanza Baik-baik Saja

"Dengan adanya model baru, otomatis pasar menjadi berkembang. Kita melihatnya dari sisi itu saja, bukan untuk kompetisi," ucap Soerjopranoto di ICE, BSD, Tangerang, Senin (6/8/2018).

Toyota Puas

Toyota Avanza yang dipamerkan di belakang stan Toyota GIIAS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza yang dipamerkan di belakang stan Toyota GIIAS 2018

Soerjopranoto melanjutkan, dengan hasil penjualan per bulan antara 6.000-7.000 unit, dinilai cukup puas. Apalagi mobil ini sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia yang membutuhkan kendaraan untuk mengangkut penumpang, sekaligus angkut barang.

"Karena penggerak roda belakang ini menjadikan performa yang bagus dan juga bisa membawa barang lebih banyak. Orang Indonesia kan seperti itu, mobil bisa membawa banyak muatan, seperti Avanza ini," ucap Soerjo panggilan akrabnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com