Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Xpander, Mitsubishi di Indonesia Jadi Nomor 1 di Dunia

Kompas.com - 06/08/2018, 11:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMitsubishi Xpander jadi jualan Mitsubishi terbesar di dunia. Ini dikatakan setelah melihat posisi penjualan pabrikan berlogo tiga berlian tersebut pada Juli 2018.

"Per bulan Juli Indonesia jadi posisi pertama, disusul China dan Amerika Serikat. Jadi memang harus diakui Xpander memengaruhi pencapaian ini. Mempertahankan ini lebih sulit. Maka kita lakukan campaign-campaign untuk mempertahankan kepercayaan konsumen. Termasuk penambahan varian baru," ucap Deputy Group Head of Planning & Communication Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari saat ditemui di GIIAS beberapa waktu lalu.

Pada pameran GIIAS 2018 ini, Mitsubishi memang memperkenalkan dua varian baru Xpander, yakni Sport MT dan GLS AT. Head of Sales & Marketing Group MMKSI Imam Choeru Cahya mengungkapkan, penciptaan varian ini untuk memperluas pasar dari kendaraan multiguna Xpander.

Imam pun mengungkapkan, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk kembali menciptakan varian baru dari Xpander. Namun, untuk melakukan ini pihaknya perlu melakukan riset mendalam.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Dua Varian Baru Xpander

"Ini juga masukan dari konsumen karena pasar ini terus maju tidak statis. Kita terus pantau keinginan masyarakat dan akan kembangkan dengan prinsipal. Baru dua varian ini, tapi tidak menutup kemungkian varian lain akan muncul," ucap Imam.

Untuk mempertahankan posisi nomor satu tersebut, Imam mengungkapkan, pihaknya tengah mengincar pasar konsumen fleet. Ia mengungkapkan, dari total penjualan 1,1 juta unit kendaraan, 25 persennya masuk ke segmen fleet. Dari 25 persen tersebut 40 persennya merupakan jenis kendaraan small MPV.

'Jadi, selain memenuhi permintaan retail konsumen, juga ini salah satu strateginya (ke fleet). Selain juga kita membuat strategi penjualan maupun after sales lainnya," ucap Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com