Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan AMMDes, Mobil Desa Karya Anak Bangsa

Kompas.com - 02/08/2018, 08:44 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS,com - PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) resmi membawa kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di ajang pameran GIIAS 2018.

Sesuai namanya, mobil ini diciptakan untuk membantu aktivitas yang berkaitan dengan perekonomian desa.

Jangan terlalu banyak berharap dari sisi tampilan, karena faktor utama yang ditonjolkan lebih fungsi. Secara teknis, spesifikasi mobil yang diklaim karya anak bangsa ini dibuat khusus sebagai kendaraan multiguna.

"KMW sebetulnya merupakan kendaraan multiguna yang nantinya memiliki fungsi sebagai alat transportasi dan pengangkut, dan dapat dipadukan dengan berbagai alat pengolahan pasca-panen, genset untuk penerangan, dan pompa air untuk mendukung irigasi di pedesaan," kata Sukiyat selaku Presiden Komisaris KMWI dan KMWD, Rabu (1/8/2018).

Baca juga: Sebelum Meluncur Menperin Jajal Ammdes di GIIAS

Dari sektor tampilan, mobil berbasis pikap ini memiliki dimensi panjang 358 cm, lebar 137 cm, dan tinggi 190 cm. Sedangkan kapasitasnya hanya mampu menampung dua orang di ruang kokpit.

Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)STANLY RAVEL Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)

Sumber tenaga berasal dari mesin Diesel yang digadang-gadang memiliki tenaga sebesar 14 hp untuk disalurkan pada penggerak roda belakang dengan differential lock system.

Sementara kaki-kaki dibekal suspensi double arm di depan dan trailing arm di belakang yang sudah mengadopsi empat piringan cakram dan dilengkapi bun mud terrain (MT) berukuran 185/80 R13.

KMW mengklaim AMMDes memiliki daya angkut sebesar 700 kg, ruang belakangnya bisa diaplikasikan dengan beragam keperluaan. Mulai sebagai mobil pengangkut biasa, genset, penggiling padi, pompa air, dan pemutih beras.

Baca juga: Mobil Paling Laku di Indonesia, Semester I/2018

Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)STANLY RAVEL Kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)

Sukiat berharap dengan hadirnya AMMDes dapat membangun komitmen untuk mewujudkan kendaraan karya anak bangsa.

"Keberhasilan mewujudkan AMMDes bisa berguna mengembalikan Indonesia sebagai bangsa yang berswasembada pangan, meningkatkan perekonomian masyarakat, mengurangi urbanisasi dan mobilitas penduduk dari desa ke kota, menciptakan lapangan kerja, dan usaha bagi masyarakat pedesaan," ucap Sukiat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com