Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hal Sepele Ini Mampu Kurangi Potensi Kecelakaan

Kompas.com - 30/07/2018, 18:45 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan di jalan raya dapat terjadi kepada siapa saja termasung pengguna sepeda motor. Peristiwa kecelakaan dapat terjadi saat berhenti sampai ketika baru menjalankan sepeda motornya.

Untuk meminimalisir potensi kecelakaan ini sebenarnya sudah ada cara sederhana dan wajib dilakukan pengendara motor.

"Cukup menoleh ke belakang setiap akan menjalankan sepeda motor. Ini sepele memang tapi banyak kejadian sepeda motor ditabrak dari belakang. Ini cara meminimalisirnya," ucap Senior Manager Safety Riding and Motorsport PT Astra Honda Motor (AHM) Anggono Iriawan.

Anggono mengungkapkan, menoleh ke belakang bahkan sudah menjadi poin wajib dalam praktek keselamatan berkendara yang juga diterapkan dalam kompetisi instruktur keselamatan. Arah menolehnya disesuaikan dengan arah motor akan menuju.

Baca juga: Ganjil-Genap di Jakarta Tidak Berlaku buat Sepeda Motor

Misal sedang berhenti dan ingin jalan, artinya dari sisi kiri, menoleh ke kanan terlebih dulu setelah aman lalu baru jalankan motor.

Ada juga sikap berhenti yang benar dimana wajib memperhatikan posisi kaki. Posisi kaki kiri yang sebaiknya turun untuk menopang posisi motor.

"Kenapa kiri karena jalur kendaraan ada di kanan, pengendara berhenti di sisi kiri. Ini buat motor apa saja. Lalu posisi kaki kanan kalau motor sport dan bebek berada di atas rem, menginjak rem agar motor tidak bergerak. Langkah-langkah ini terlihat sepele memang, tapi penting untuk keselamatan," ucap Anggono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com