Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Bingung, Tak Semua Gerbang Tol Punya Struk Pembayaran

Kompas.com - 04/06/2018, 13:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Struk pembayaran tol terkadang dibutuhkan bagi sebagian pengendara, termasuk yang akan mudik melewati ruas tol Trans Jawa pada musik lebaran 2018.

Namun perlu diingat, tak semua gerbang tol di sepanjang ruas Trans Jawa mengeluarkan struk.

Dalam perjalanan tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dari Jakarta hingga Solo, tercatat ada beberapa gerbang tol yang tidak mengeluarkan struk pembayaran.

Baca juga: Bantahan Jasa Marga Perihal Tarif Tol Jakarta-Surabaya yang Viral

Kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama yang terpantau lancar, Minggu (24/12/2017).Kompas.com / Dani Prabowo Kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama yang terpantau lancar, Minggu (24/12/2017).

Pertama gerbang tol Cikarang Utama yang berlokasi di ujung tol Jakarta-Cikampek.

Pengendara dari arah Jakarta yang melintas di gerbang tol ini hanya diminta menempelkan tiket elektronik untuk pengecekan saldo, dan tidak ada struk yang keluar.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, gerbang tol yang tidak mengeluarkan struk pembayaran adalah gerbang tol yang sudah menerapkan sistem integrasi pembayaran.

Sebagai contoh di gerbang tol Cikarang Utama. Di akses masuk ke tol Cikopo-Palimanan (Cipali) ini pengemudi tidak akan menemukan struk. Sebab belum ada transaksi di lokasi ini.

Baca juga: Jangan Mudah Percaya Tarif Tol Jawa yang Beredar di Medsos

Gerbang Tol Palimanan. Gambar diambil pada Kamis, (16/6/2016).Arimbi Ramadhiani Gerbang Tol Palimanan. Gambar diambil pada Kamis, (16/6/2016).
Gerbang Tol Palimanan. Gambar diambil pada Kamis, (16/6/2016).Arimbi Ramadhiani Gerbang Tol Palimanan. Gambar diambil pada Kamis, (16/6/2016).

Pemotongan saldo baru terjadi di gerbang tol Palimanan Utama. Di lokasi inilah pengemudi baru bisa menemukan struk pembayaran dengan tarif Rp 117.000.

Rinciannya Rp 15.000 untuk Jakarta-Cikampek dan Rp 102.000 untuk Cikampek-Palimanan.

"Jadi pembayarannya di Palimanan, di tempat Lintas Marga Sedaya (operator tol Cipali). Karena kita sudah terintegrasi," kata Heru, Minggu (3/6/2018).

Baca juga: Integrasi Sistem Pembayaran, Pemudik Arah Jateng Cukup 2 Kali Bayar Tol

Kondisi di Gerbang Tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Perawatan dilakukan guna persiapan arus mudik 2018. Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.MAULANA MAHARDHIKA Kondisi di Gerbang Tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Perawatan dilakukan guna persiapan arus mudik 2018. Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.

Integrasi juga berlanjut di tiga ruas tol, masing-masing-masing di Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, dan Pejangan-Pemalang (sampai Brebes Timur). 

Bila melintas di tiga ruas rol ini, pengemudi hanya diminta menempelkan tiket elekteonik di gerbang tol Brebes Timur. Di gerbang inilah ada pemotongan saldo ditandai adanya struk Rp 56.000.

Rinciannya Rp 12.000 untuk Palimanan-Kanci, Rp 24.000 untuk Kanci-Pejagan, dan Rp 20.000 untuk Pejagan-Pemalang.

Baca juga: Resmi, Tarif Tol Jakarta-Surabaya Rp 351.500

Gerbang tol Banyumanik pada ruas tol Semarang - BawenOtomania/Setyo Adi Gerbang tol Banyumanik pada ruas tol Semarang - Bawen

Selain di ruas Cikampek hingga Brebes, tidak ada pemotongan saldo juga terjadi di ruas tol Semarang-Solo, tepatnya di gerbang tol Banyumanik. 

Di ruas ini, pemotongan saldo terpantau hanya terjadi di gerbang tol Tembalang sebesar Rp 2.500 dan gerbang tol Manyaran dengan besaran tarif yang sama. Pemotongan saldo tidak ditemukan di gerbang tol Banyumanik. 

Di gerbang tol ini pengendara juga hanya diminta menempelkan kartu. Nantinya pemotongan saldo baru dilakukan di pintu keluar di gerbang tol Salatiga. Besaran tarifnya Rp 32.000.

Selalu diimbau kepada calon pemudik yang akan melintasi jalan tol, untuk selalu mengecek kembali sisa saldo uang elektronik anda. Pastikan saldo yang tersedia sudah cukup, agar tidak mendapat kendala saat melakukan transaksi pembayaran tol.

Gunung Merapi mengeluarkan letusan freatik terlihat dari Gerbang Tol Salatiga di Jawa Tengah, Jumat (1/6). Berdasarkan keterangan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), letusan Gunung Merapi terjadi pada pukul 08.20 WIB selama 20 menit dengan tinggi kolom 6.000 meter ke arah barat laut teramati dari PGM Jrakah. ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf/kye/18.Widodo S Jusuf Gunung Merapi mengeluarkan letusan freatik terlihat dari Gerbang Tol Salatiga di Jawa Tengah, Jumat (1/6). Berdasarkan keterangan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), letusan Gunung Merapi terjadi pada pukul 08.20 WIB selama 20 menit dengan tinggi kolom 6.000 meter ke arah barat laut teramati dari PGM Jrakah. ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf/kye/18.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com