Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Dipaksa, Mobil Konvensional Bisa Mati Sendiri

Kompas.com - 23/05/2018, 18:02 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menentang wacana penghentian penjualan mobil konvensional bahan bakar minyak (BBM) fosil pada 2040.

Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi menilai tanpa perlu dipaksa, mobil konvensional bisa mati secara alamiah.

"Kalau suatu saat harga bensin jadi Rp 1 juta, mobil ini akan mati pelan-pelan," kata Nangoi di Jakarta, Selasa (23/5/2018).

Adanya wacana penghentian mobil konvensional dilatarbelakangi keinginan untuk mulai menggalakan pemakaian mobil listrik.

Baca juga: Usulan Stop Mobil Konvensional 2040 Ditentang Gaikindo

Mobil listrik mahasiswa yang bisa dijajal di IIMS 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Mobil listrik mahasiswa yang bisa dijajal di IIMS 2018.

Namun Nangoi menilai memajukan mobil listrik tak perlu sampai mematikan kendaraan jenis lain. Sebab keduanya bisa berjalan beriringan.

Ia mengibaratkannya seperti mobil bertransmisi manual dan matik. Dulu ketika baru meluncur, belum banyak orang yang langsung berminat membeli mobil matik.

Namun bukan berarti produsen otomotif langsung menghentikan produksi mobil manual. Sebab seiring berjalannya waktu, peminat mobil tersebut kini lebih banyak ketimbang manual.

"Jadi tidak langsung manualnya dimatikan, tapi pelan-pelan dia akan mati sendiri," ucap Nangoi.

Baca juga: Ferrari Mulai Lupakan Transmisi Manual

Menteri ESDM menjajal kebolehan Gesits di kantor ESDM, Jakarta, Kamis (19/10/2017).Ghulam Nayazri/KompasOtomotif Menteri ESDM menjajal kebolehan Gesits di kantor ESDM, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Usulan untuk menghentikan penjualan mobil konvensional pada 2040 diketahui datang dari Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Jonan menyampaikan hal tersebut karena menilai hal serupa sudah dilakukan negara lain.

Menurut Jonan, peralihan pemakaian mobil konvensional ke listrik tidak akan pernah terealisasi, jika sebagian orang menganggap perlu watt yang besar di tiap rumah untuk pengisian daya ke mobil listrik.

Baca juga: Sejumlah Negara Ini Juga Melarang Mobil Berbahan Bakar Minyak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com