Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Accord Maestro Ini Harus Jalan Mundur

Kompas.com - 14/05/2018, 08:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu mobil yang menarik banyak perhatian di ajang "Honda Fastival 2018", yaitu kehadiran Honda Accord Maestro 1991. Sedan berkelir hitam itu cukup spesial karena baru dipakai 14 km selama 27 tahun.

Aulia Rahman, warga Bandung, Jawa Barat merupakan pemilik kedua. Dia bercerita, empat tahun lalu membeli dari seorang kolektor dengan harga lima sampai enam kali lipat ketika pertama dijual pada 1991 silam.

Menurut Aulia, pemilik pertama menjual sedan ini karena mau pindah ke luar kota, sehingga harus dijual. Tetapi, untuk urusan surat dan pajak masih atas nama pembeli awal.

"Jadi saya minta seperti itu, dan pajaknya pun sampai sekarang masih hidup," kata Aulia ketika ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat akhir pekan lalu.

Baca juga: Mobil Honda Masa Lalu, Masa Kini, Masa Depan Kumpul Bersama

Perawat Accord Maestro ini bernama Momo, di tempat sama dia juga menceritakan bahwa kondisi jarak tempuh yang masih 14 km itu karena ketika pemilik pertama membeli dipindahkan dari diler ke garasi rumah berjarak 14 km.

Honda Accord Maestro 1991KOMPAS.com / Aditya Maulana Honda Accord Maestro 1991

"Dulu itu towing susah dan mahal, jadi oleh pemilik pertama hanya dipakai sekali saja dan jaraknya 14 km," kata Momo.

Bahkan, sampai 27 tahun angka tersebut tidak berubah. Sebab ketika dibeli oleh Aulia sama sekali tidak pernah keluar rumah alias hanya menjadi pajangan saja.

"Kalau ini baru pertama kali ikut pameran, ini pun harus jalan mundur, agar kilometernya tidak berubah. Jadi kita jalankan mundur saja, kalau jalan maju nanti angka kilometernya ikut berubah, tidak seperti dulu lagi," ujar Momo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com