Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Honda Pertahankan Jazz di Takhta Hatchback

Kompas.com - 28/03/2018, 08:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Bogor, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim bahwa sejak pertama diluncurkan pada 2004 hingga 2017, Honda Jazz selalu menjadi pemimpin pasar di segmen hatchback. Terakhir tahun lalu dengan total wholesales 16.100 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per bulan aktivitas pengiriman unit dari pabrik ke diler sekitar 1.100-an lebih, bahkan pernah menyentuh 2.873 unit pada Agustus 2017.

Sepanjang dua bulan pertama 2018, wholesales Jazz juga masih menjadi pemimpin pasar, dengan total penjualan 2.042 unit. Menurut Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Director PT HPM kondisi seperti itu diharapkan bertahan sampai akhir tahun ini.

"Saya rasa kondisi Jazz, seperti fitur dan desain yang sekarang sangat digemari oleh masyarakat. Hal itu yang menjadikan Jazz selalu menjadi pemimpin pasar," ujar Jonfis kepada KOMPAS.com di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Baca juga: Honda Jazz Buktikan Diri Masih Eksis

Faktor lain, lanjut Jonfis cukup aktif mengikuti kegiatan balap seperti Honda Jazz Speed Challange (HJSC) di Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM), hingga aktivitas lain yang bisa mendongkrak penjualan.

"Ikutan ISSOM ini juga sudah lama, yakni 13 tahun. Kegiatan seperti ini cukup membantu aktivitas penjualan, terbukti sampai sekarang selalu menjadi market leader," kata Jonfis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com