Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Langkah yang Kini Konsumen "Zaman Now" Sebelum Membeli Mobil

Kompas.com - 27/03/2018, 18:45 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Era digital dinilai telah mengubah tradisi jual beli, termasuk dalam pembelian mobil baru. Berbeda pada masa lalu, pembeli mobil masa kini bisa dengan mudah mendapatkan informasi dengan mudah terkait mobil yang ingin dicarinya tanpa harus datang langsung ke diler.

Berbicara mengenai tradisi baru pembeli mobil masa kini, dari hasil riset "Drive to Decide" yang dilakukan Google Indonesia bersama TNS, ada lima langkah yang kini dilakukan pembeli mobil masa kini sebelum memutuskan membeli. Langkah yang pertama adalah memulai mencari informasi di mesin pencari Google.

"Google search menjadi pintu gerbang dari semua informasi," kata Industry Analyst Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Salah satu unit mobil bekas yang ditawarkan bisa dibeli secara kredit di diler Ciliwung Motor, Kelapa Dua, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu unit mobil bekas yang ditawarkan bisa dibeli secara kredit di diler Ciliwung Motor, Kelapa Dua, Depok, Selasa (13/2/2018).

Setelah memulai pencarian, Yudistira menyebut langkah selanjutnya yang dilakukan adalah mempertimbangkan model. Pada tahap ini, calon pembeli akan mulai mencari informasi hanya seputar model yang ingin ia cari.

"Pembeli mulai mempertimbangkan model-model baru yang tadinya dia belum tahu. Yang tadinya hanya dari satu merek, kini mereka mulai tahu dari kompetitor ternyata juga menawarkan model yang sama. Di situlah mulai ada perbandingan," ucap Yudistira.

Setelah menemukan model yang cocok, Yudistira menyebut tahap ketiga yang akan dilakukan calon pembeli adalah mencari informasi mengenai harga.

Jika sudah menemukan harga yang cocok, tahap keempat adalah mendatangi diler. Meski sudah menggali berbagai informasi via internet, Yudhistira menyebut calon pembeli tetap memilih datang ke diler untuk menanyakan kembali informasi yang sudah ia dapat.

"Berbeda dengan masa saat belum ada internet, pada masa kini orang datang ke diler dengan bekal banyak informasi. Mereka akan menanyakan kembali informasi yang sudah ia dapat, selain tentunya bertanya mengenai adaya diskon," ujar Yudistira.

Data yang menunjukan adanya peningkatan pengguna internet yang melihat video online sebelum membeli mobil baru.Google Indonesia Data yang menunjukan adanya peningkatan pengguna internet yang melihat video online sebelum membeli mobil baru.

Setelah keempat tahap ini dilakukan, Yudhistira menyebut barulah kemudian calon pembeli sudah bisa memutuskan mobil apa yang ingin mereka beli. Dari hasil riset Google dan TNS, 74 persen calon pembeli membutuhkan waktu hingga dua bulan sebelum memutuskan membeli mobil yang diinginkannya.

"Jadi dua bulan ini benar-benar proses yang sangat kompleks dan panjang," pungkas Yudistira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com