Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Tua Wajib Menjaga Anak Kecil Selama Berkendara

Kompas.com - 25/03/2018, 18:05 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Para orang tua harus lebih hati-hati lagi, ketika berkendara sepeda motor atau mengemudikan mobil sambil membawa anak kecil. Jangan sampai lengah, karena bisa berdampak fatal buat sang buah hati dan juga Anda.

Sebagai contoh, video yang lagi viral di media sosial soal orang tua membonceng anak kecil di jok bagian depan motor matik, lalu ketika mau turun sang buah hati malah memegang gas, sampai akhirnya meluncur dan menabrak minimarket.

Beruntung sang ayah dan anak tidak mengalami cidera serius, dan langsuung mendapatkan pertolongan dari orang di sekitar.

Berkaca pada kejadian itu, menurut  Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto, para orang tua harus ekstra hati-hati lagi.

Baca juga: Begini Ciri Keselamatan Berkendara di Negara Berkembang

Edo menjelaskan, melindungi anak di bawah umur dari kecelakaan lalu lintas merupakan hal yang mutlak.

"Jadi jangan sampai lengah sedikitpun, termasuk saat berkendara, entah menggunakan motor atau mobil," kata Edo kepada KOMPAS.com melalui pesan singkat, Kamis (22/3/2018).

Bukan hanya kendaraan pribadi, tetapi ketika menggunakan alat transportasi umum juga demikian. Sebab, untuk memenuhi hak dasar seorang anak untuk tetap hidup.

"Penerapan berkendara risiko rendah harus menjadi kebutuhan buat semuanya," ujar Edo.

Jadi, buat para orang tua apalagi yang masih punya anak kecil, mulai sekarang harus lebih berhati-hati lagi. Jangan sampai mencelakakan sang buah hati, diri sendiri dan juga orang lain di sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com