Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Mobil Mewah Mahal Milik Tersangka Korupsi Abdul Latif

Kompas.com - 20/03/2018, 11:32 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita delapan mobil milik Bupati Hulu Sungai Tengah (nonaktif) Abdul Latif yang dibeli dari uang gratifikasi. Semua mobil itu berstatus mewah karena memiliki banderol cukup mahal.

Empat di antara delapan unit itu punya harga paling mahal, yaitu Jeep Brute, Lexus LX 570, Cadillac Esclade, dan BMW 640i. Rata-rata dibanderol di atas Rp 1,1 miliar.

Merujuk beberapa situs jual beli mobil online, Jeep Wrangler Brute harga bekasnya mulai Rp 1,4 miliar hingga Rp 1,7 miliar, tergantung dari kondisi dan tahun produksi.

Sementara Cadillac Esclade juga sama banderol di atas Rp 1 miliar. Harga bekas yang tercantum di beberapa situs jual beli online dijual mulai Rp 1.035.000.000 hingga Rp 1.200.000.000, tergantung tahun produksi.

Baca juga: Menaksir Harga Hummer H3 Bekas Milik Koruptor

Perlu diketahui bahwa Esclade milik Abdul Latif itu merupakan generasi ketiga yang diproduksi antara 2007-2014.

Petugas keamanan berjalan di dekat mobil mewah milik tersangka Bupati Hulu Sungai Tengah (nonaktif) Abdul Latif di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/3). Sebanyak 16 kendaraan mewah (delapan mobil dan delapan motor) sitaan KPK dari Kalimantan Selatan yang diduga hasil gratifikasi serta pencucian uang tersangka tersebut telah tiba di Jakarta dan akan dititipkan ke Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Jakarta Barat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/18.SIGID KURNIAWAN Petugas keamanan berjalan di dekat mobil mewah milik tersangka Bupati Hulu Sungai Tengah (nonaktif) Abdul Latif di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/3). Sebanyak 16 kendaraan mewah (delapan mobil dan delapan motor) sitaan KPK dari Kalimantan Selatan yang diduga hasil gratifikasi serta pencucian uang tersangka tersebut telah tiba di Jakarta dan akan dititipkan ke Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Jakarta Barat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/18.

Selanjutnya, Lexus LX 570. Sport utility vehicle (SUV) premium itu dibanderol di atas Rp 1 miliar. Paling murah untuk produksi 2011, yaitu Rp 900 jutaan, sementara rakitan 2013 banderolnya bisa tembus Rp 1.395.000.000.

Terakhir, BMW 640i yang dibanderol sekitar Rp 850.000.000 hingga termahal tembus Rp 1,2 miliar.

Petugas memeriksa mobil mewah milik tersangka Bupati Hulu Sungai Tengah (nonaktif) Abdul Latif di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Klas 1 Jakarta Barat dan Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (19/3/2018). KPK menyita 16 kendaraan mewah (delapan mobil dan delapan motor) yang diduga hasil gratifikasi serta pencucian uang.MAULANA MAHARDHIKA Petugas memeriksa mobil mewah milik tersangka Bupati Hulu Sungai Tengah (nonaktif) Abdul Latif di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Klas 1 Jakarta Barat dan Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (19/3/2018). KPK menyita 16 kendaraan mewah (delapan mobil dan delapan motor) yang diduga hasil gratifikasi serta pencucian uang.

Sudah bisa dibayangkan berapa kocek yang dikeluarkan Abdul Latif untuk membeli mobil mewah. Daftar di atas belum termasuk Hummer H3, Vellfire, dan beberapa merek lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com