Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Tanggal Bikin SIM A Murah buat Sopir Taksi

Kompas.com - 16/03/2018, 07:23 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan kembali bekerjasama dengan Polda Metro Jaya membuat program pembuatan surat izin mengemudi (SIM) A Umum dengan biaya terjangkau, untuk pengemudi taksi online.

Kali ini akan diadakan di Kantor Samsat Daan Mogor, Jakarta Barat pada Sabtu 24 Maret 2018. Kuota yang diberikan pun terbatas, yaitu hanya 500 SIM.

"Tadinya mau Sabtu ini (17 Maret 2018), tetapi karena libur nasional, jadi kita undur menjadi akhir pekan depan di tempat yang sama," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi saat dihubungi KOMPAS.com, Kamis (15/3/2018) sore.

Budi menjelaskan, progam ini membidik para sopir taksi online maupun konvesional yang belum punya SIM A Umum. Biaya yang dibebankan pun lebih murah, yaitu hanya Rp 100.000, tarif normalnya Rp 170.000.

Baca juga: SIM A Umum buat Semua Sopir Taksi Lebih Murah

"Jadi yang belum punya SIM bisa membuatnya akhir pekan nanti di Daan Mogot, dari pagi sampai kuota habis. Program ini juga sebelumnya sudah kami laksanakan di 'Jakarta dan beberapa kota lain di Indonesia," kata Budi.

Program ini mendapatkan sambutan positif, sehingga pada akhirnya Kemnhub kembali membukanya lagi. Sebelumnya sudah diadakan di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com