Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Daihatsu Indonesia Produksi Sedan

Kompas.com - 22/02/2018, 09:02 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Banyak yang menduga debut dunia konsep DN F-Sedan pada Agustus 2017 di Indonesia merupakan pernyataan awal Daihatsu bakal terjun ke segmen sedan kecil. Meski begitu, sampai sekarang, Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku belum berpikir sejauh itu.

DN F-Sedan muncul ketika wacana pemerintah lewat Kementerian Perindustrian ingin meringankan beban pajak sedan menguat. Kabarnya, tidak sampai April nanti aturan soal itu bakal terbit.

Baca: Daihatsu Indonesia Siap Tambah Investasi Produksi Sedan

Konsep Daihatsu DN F Sedan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. KOMPAS.com/FEBRI ARDANI Konsep Daihatsu DN F Sedan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Wakil Presiden Direktur ADM Sudirman MR menjelaskan, mobil konsep tujuannya sebagai obyek ketertarikan saat pameran, memantau animo masyarakat, dan melihat peluang bisnis. Soal bisnis, dia mengatakan kelihatannya masih kecil untuk sedan kecil.

“Belum ada pikiran seperti itu (produksi massal DN F-Sedan). Kita water test saja karena kami ingin memperlihatkan kepada masyarakat bahwa mobil konsep seperti ini bagaimana. Kami juga pernah pamerkan beberapa mobil konsep tapi tidak diproduksi hingga saat ini karena pasarnya kecil. Tapi kalau kami bikin mobil konsep, animonya besar ya diproduksi, contohnya LCGC,” ucap Sudirman, di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Bila nantinya peluang bisnis di sedan kecil semakin tinggi, tidak menutup kemungkinan DN F-Sedan diberikan lampu hijau sampai produksi massal. Menurut Sudirman persiapan jalur produksi di pabrik ADM butuh waktu sekitar 1,5 tahun dengan catatan “modal” sudah ada.

“Tapi kalau produknya belum ada, ya perlu tiga tahun,” kata Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com