Dua Mobil Ini Paling Cepat Laku di Diler Mobil Bekas - Kompas.com

Dua Mobil Ini Paling Cepat Laku di Diler Mobil Bekas

Kompas.com - 13/02/2018, 15:06 WIB
Dua unit mobil bekas, masing-masing Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dijual di diler Ciliwung Motor, Kelapa Dua, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Dua unit mobil bekas, masing-masing Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dijual di diler Ciliwung Motor, Kelapa Dua, Depok, Selasa (13/2/2018).

Jakarta, KOMPAS.com - Mobil bekas merupakan solusi untuk bisa mendapatkan mobil dengan harga yang lebih murah. Karena di sinilah, calon pembeli bisa mengeluarkan modal yang lebih sedikit untuk bisa membawa pulang mobil yang diinginkan.

Berbicara mengenai pasaran mobil bekas, Kompas.com mendatangi lima diler mobil bekas yang tersebar di Depok dan Jakarta Selatan pada Selasa (13/2/2017). Dari keterangan para pengelola diler, jenis mobil yang paling laris dan paling cepat terjual biasanya adalah low multi purpose vehicle (LMPV).

Baca juga : Daftar Mobil Sejuta Umat Terlaris Sepanjang 2017

LMPV sering disebut mobil sejuta umat. Jenis mobil berpenumpang tujuh orang ini memang menjadi segmen terbesar di pasar otomotif nasional.

Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Motor, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Motor, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).

Seperti halnya mobil baru, pasaran mobil bekas untuk LPMV juga didominasi duet kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Dua mobil inilah yang disebut para pengelola diler menjadi mobil yang paling dicari dan mudah dijual.

"Pasarannya kita minibus, Orang datang ke sini paling nanya ada Avanza tahun sekian, ada Xenia tahun sekian enggak. Itu aja," kata penanggung jawab di diler Kara Mobil, Jalan Margonda, Depok.

Baca juga : Prediksi Suzuki buat Pasar Mobil Sejuta Umat Tahun Depan

Sementara itu, Ronny Subagja, petugas pemasaran Ciliwung Motor di Kelapa Dua, Depok, mengatakan larisnya Avanza dan Xenia bekas karena harganya yang terjangkau. Sebagai contoh, untuk Avanza lansiran 2006 atau 2007, Ronny menyebut harganya hanya Rp 80 juta.

Harga tersebut tergolong murah untuk mobil yang kondisinya masih bagus dan memiliki kapasitas banyak. Menurut Ronny, konsumennya mayoritas adalah pencari mobil yang harganya masih di bawah Rp 120 juta.

"Kita cari mobil sesuai budget konsumen," ujar Ronny.

Deretan mobil bekas yang dijual di diler Sigit Mobilindo, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil bekas yang dijual di diler Sigit Mobilindo, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).

Safiul Anam, petugas di diler Sigit Mobilindo, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, mengatakan, para pembeli Avanza dan Xenia bekas biasanya adalah pengemudi taksi online. Mereka biasanya juga memilih membayar melalui kredit via perusahaan pembiayaan atau leasing.

"Untuk Avanza 2011 yang harganya Rp 130 juta, kalau mau kredit bisa cukup bayar Rp 15 juta sampai Rp juta. Baru nanti dicicil empat tahun," ujar Safiul.

Semua pengelola diler yang ditemui Kompas.com tak merinci berapa unit Avanza dan Xenia yang biasanya terjual. Namun dari keseluruhan total penjualan 6-10 unit setiap bulan, dipastikan sebagian besar diisi Avanza ataupun Xenia.


Komentar
Close Ads X