Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Lalu Daihatsu Produksi Lebih Banyak BuatToyota

Kompas.com - 14/02/2018, 07:02 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, Kompas.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku sepanjang tahun lalu memproduksi 506.000 unit mobil. Selain melahirkan model andalan Daihatsu, pabrik ADM juga memproduksi mobil-mobil merek Toyota yang ternyata jumlahnya lebih banyak.

Di Jakarta, (13/2/2018), Wakil Presiden ADM Sudirman MR, menjelaskan, sekitar 60 persen dari total produksi pada tahun lalu merupakan mobil Toyota yang dijual di dalam negeri dan ekspor. Itu berarti sekitar 300.000 unit atau lebih dari setengah jumlah produksi ADM merupakan produk merek Toyota.

Disitat dari data Toyota Motor Indonesia Manufacturing, ekspor mobil Toyota pada tahun lalu, yaitu Avanza, Rush, Agya (Wigo), dan Town/Lite Ace, mencapai angka 82.700 unit. Seluruh ekspor Toyota, termasuk Fortuner, Vios, Yaris, Kijang Innova, dan Sienta, pada tahun lalu mencapai 199.600 unit.

Baca: Toyota Indonesia Cetak Rekor Ekspor Sepanjang Sejarah

Toyota Wigo Filipinaindianautosblog.com Toyota Wigo Filipina

Kapasitas produksi

Pada tahun lalu ADM telah mencapai produksi mobil ke-5 juta unit sejak 1978, rekor tertinggi produsen mobil di Indonesia. Dari seluruh produksi itu, 49 persen merupakan produk Daihatsu dan 51 persen merek Toyota.

ADM memiliki dua pabrik perakitan di Sunter dan Karawang, total produksi dua pabrik itu sebesar 530.000 unit. Sudirman menjelaskan utilitas sudah melebihi 90 persen.

“Kapasitas terpasang, dua shift tanpa overtime itu 530.000 unit per tahun. Tahun lalu kami produksi 506.000 unit, tahun ini ya kita lihat pasarlah. Kalalu memang naik seperti itu (prediksi Gaikindo 1,1 juta penjualan 2018) ya kita lihat, persaingan makin ketat, kami menargetkan produksi 510.000 unit,” ucap Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com