Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipe Motor Bekas, Ada yang Bekas Tarikan Leasing

Kompas.com - 04/02/2018, 09:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com - Diler-diler sepeda motor bekas pada umumnya hanya menjual motor produksi 2013 ke atas. Dari sekitar enam diler motor bekas yang Kompas.com datangi di Depok, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, cukup sulit menemukan keberadaan motor lansiran 2013 ke bawah. Kalaupun ada, biasanya hanya tipe-tipe tertentu, misalnya Yamaha RX King ataupun Kawasaki Ninja 150 (Ninja 2-Tak).

Dari keterangan para pengelola diler, kondisi ini dipengaruhi cara diler mendapatkan motor tersebut. Ada dua cara yang dilakukan diler untuk mendapatkan stok motor bekas. Berikut dua cara tersebut:

1. Lelang dari Leasing

Hampir semua motor bekas di diler-diler motor bekas yang Kompas.com temui adalah motor yang dibeli dari proses lelang yang diadakan perusahaan pembiayaan atau leasing. Motor ini tadinya adalah motor baru yang ditarik dari pemilik yang tidak melanjutkan lagi kreditnya.

Karena tadinya motor baru, usia pakai motor lelang leasing masih di bawah lima tahun, alias lansiran 2013 ke atas. Calon pembeli motor bekas juga hampir dipastikan bisa membeli dengan cara kredit. Karena leasing hanya mau menyalurkan kreditnya untuk motor lansiran 2013 ke atas.

Asal memenuhi syarat setelah disurvei, calon pembeli motor bekas lelang leasing tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk membawa pulang motornya. Cukup membayar dengan uang muka minim, untuk kemudian nantinya dilanjutkan cicilannya sesuai tenor yang disepakati.

Baca juga : Jangan Ngarep Mau Cicil Motor Bekas Jadul

"Dicek biaya sewa rumah sama biaya lain-lainnya berapa. Biasanya kalau memang mau cicilan di bawah satu juta, disarankan uang mukanya dinaikan jadi 35-50 persen (dari total harga motor)," ujar Kawoh, seorang tenaga pemasaran di diler Sukses Motor, Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Rabu (31/1/2018).

Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Tria Motor, Cilodong, Depok, Rabu (31/1/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Tria Motor, Cilodong, Depok, Rabu (31/1/2018).

2. Dibeli dari Individu

Cara kedua yang dilakukan diler adalah membeli dari individu. Biasanya memang ada pemilik motor yang datang ke diler motor bekas, baik dengan tujuan menjual motor ataupun tukar tambah. RX King ataupun Ninja 2-Tak adalah motor yang masuk tipe ini.

Sebelum membeli motor dari individu, para pengelola diler mengaku selalu mengecek kondisi motor berikut keaslian surat-suratnya. Mereka menjamin tidak akan menjual motor bodong.

Diler-diler yang sudah bekerja sama dengan leasing biasanya hanya mau membeli motor lansiran 2013 ke atas. Walaupun ada pula yang bersedia membeli lansiran 2013 ke bawah untuk tipe tertentu seperti RX King ataupun Ninja.

Baca juga : Begini Cara Agar RX King Bisa Dibeli Kredit

"Di tempat saya motor apapun bersedia saya beli. Sepanjang harganya cocok dan yang dijual motor yang memang masih laku dicari orang," kata Ahmad Budiharja, pemilik diler Kembar Motor, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Beberapa motor Yamaha RX King yang dijual di diler motor bekas Yanto Motor, Pancoran Mas, Depok, Rabu (31/1/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa motor Yamaha RX King yang dijual di diler motor bekas Yanto Motor, Pancoran Mas, Depok, Rabu (31/1/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com