Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Performa Honda CR-Z Versi Mugen

Kompas.com - 11/01/2018, 12:33 WIB
Aris F Harvenda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - CR-Z versi Mugen punya tampilan sport dengan penambahan identitas rumah modifikasi andalan pabrikan Honda. Otomatis parasnya pun terlihat sporty dan dinamis.

Kreativitas Mugen dalam meracik varian terbatas tersebut tak sebatas tampilan. Merek yang sudah identik dengan aroma kecepatan dan performa tersebut ikut mengutak-atik jantung pacu hatchback hibrida tersebut.

CR-Z versi reguler hanya bermodalkan tenaga 135 tk. Daya tersebut berasal dari mesin 1.5L yang berkolaborasi dengan motor listrik Integrated Motor Assist (IMA).

Honda CR-Z Mugen dilengkapi dengan supercharger dan punya tenaga 176 tkcardriverblog Honda CR-Z Mugen dilengkapi dengan supercharger dan punya tenaga 176 tk
Nah, untuk versi Mugen yang hanya diproduksi 300 unit ini tenaganya mencapai 176 tk. Penambahan tenaga 41 tk itu merupakan suplai dari supercharger. Akselerasi yang dicapai saat tes menggunakan race logic, 0 - 100 kpj adalah 6,9 detik (mode sport, menggunakan bensin RON 92).

[Baca juga : Review Perbedaan Tampilan CR-Z Reguler dengan Versi Mugen]

Pilihan mode

Sama dengan versi standar, CR-Z Mugen dilengkapi dengan mode pengendaraan Eco, Normal dan Sport. Plus tombol S+ yang ada di stir untuk mempercepat akselerasi dalam 5 detik. Fitur tersebut bisa digunakan dengan syarat kondisi baterai terisi lebih dari 50 persen.

Karena tergolong mobil hybrid, dalam kondisi normal harian yang cukup macet, efisiensi BBM cukup moderat untuk model hibrida paralel, yaitu 13,0 kpl.

Mode pengendaraan variatif milik Honda CR-Z MugenKompasOtomotif - AFH Mode pengendaraan variatif milik Honda CR-Z Mugen
Stabilitas

Bukan hanya performa mesin saja yang ditingkatkan, Mugen juga memodifikasi kaki-kaki. Suspensi model adjustable 5 way cukup memberikan sensasi rigid (kaku) saat bermanuver dan melakukan zig zag.

[Baca juga : Honda CR-Z Punya Banyak Fans di Indonesia]

Ada efek lain yang muncul akibat penggunaan suspensi model itu yakni ayunannya jadi keras. Namun untuk kategori mobil sport setelan yang diberikan Mugen pada CR-Z ini cukup moderat.

Ban profil tipis yang membalut pelek R17 memang menimbulkan efek agak keras ketika melewati lubang atau jalan tidak rata. Itu juga termasuk konsekuensi dari cita rasa mobil sport.

Honda CR-Z Mugen GT tampil di GIIAS 2016.HPM Honda CR-Z Mugen GT tampil di GIIAS 2016.
Stabilitas yang baik pada model ini ternyata jadi pertimbangan Honda untuk menurunkan CR-Z dalam ajang balap bergengsi Super GT di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com