Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Suzuki Swift Dijual di Thailand Duluan

Kompas.com - 08/01/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Generasi terbaru Suzuki Swift bakal mulai dijual di Thailand pada awal 2018. Negeri Gajah Putih tersebut nampaknya mendahului pasar Indonesia, soal kedatangan model hatchback andalan Suzuki tersebut.

Swift baru tersebut sudah cukup lama meluncur, tepatnya pada pada akhir 2016 di pasar Jepang, dan mulai dijual pada Januari 2017. Memang, rumor yang beredar menyebut kalau model baru Suzuki tersebut akan mengaspal di Thailand pada semester pertama 2018.

Suzuki Indonesia, diwakili oleh Ryohei Uchiki, General Manager, Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) ketika dikonfirmasi soal Swift, masih belum mau membuka keran informasi.

Padahal dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka wholesales Swift sudah kosong sejak April, dan penjualan pada 2017 hanya tercatat selama tiga bulan, Januari sampai Maret, sebanyak 92 unit.

Baca juga : Harapan Loyalis pada Suzuki Swift Terbaru

All New Swift Geneva Motor Show 2017carscoops.com All New Swift Geneva Motor Show 2017

Seperti informasi yang dikutip dari laman Indianautosblog, Minggu (7/1/2018), Swift untuk pasar Thailand menggendong mesin bensin berkode K12C 1.2-liter Dual Jet. Tenaga yang sanggup dikeluarkan mencapai 91 PS @6.000 rpm dan torsi maksimum 118 Nm @4.400 rpm.

Jantung pacu tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan Continously Variable Transmission (CVT). Basis platform menggunakan Heartect, yang digunakan pada Ignis dan Baleno.

Model terbaru ini, secara ukuran memiliki dimensi panjang 3.840 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.500 mm. Jarak sumbu roda 2.450 mm, dibanding generasi sebelumnya lebih pendek 10 mm dengan ground clearance 120 mm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com