Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Ninja 1000 Ternyata Sudah Berteknologi “Anti-Maling”

Kompas.com - 07/01/2018, 09:20 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah berita soal CRF150L yang ramai diperbincangkan oleh warganet, kali ini viral video moge Kawasaki Ninja 1000cc yang tertangkap kamera Closed-Circuit Television (CCTV). Potongan rekaman kemudian diunggah oleh @agoez_bandz dalam akunnya.

Sempat diragukan soal fitur keamanan dari produk Kawasaki tersebut, lantaran motor tampak bisa dicuri tanpa perlawanan. Namun coba mengonfirmasi, Deputy Head Sales & Promotion Division KMI, Michael Chandra Tanadhi mengatakan kalau moge-nya tersebut (Ninja 1000cc) sudah dilengkapi teknologi keamanan tinggi.

“Motor Ninja 1000 dilengkapi dengan immobilizer, pastinya motor Ninja 1000 sudah dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi,” ujar Michael kepada KompasOtomotif, Sabtu (6/1/2018).

Baca juga : ?Immobilizer? Masih yang Paling Aman dari Pencurian

Seperti yang sudah familiar pada kendaraan roda empat, immobilizer sendiri sederhananya merupakan fitur keamanan di mana hanya kunci asli yang bisa menyalakan mesin. Jadi, jika ada yang menggunakan kunci non-asli, kendaraan tak bisa menyala.

Terkait tragedi pencurian, dari informasi yang diberikan oleh Michael dari salah satu postingan akun instagram @rnj_motorsport, ternyata kunci motor yang digondol maling masih menyantol di kontak. Diduga itulah yang membuat moge Kawasaki tersebut kemudian dicuri.

“Selamat malam, bantu kawan yang kehilangan mogenya kawasaki Ninja 1000 malam kemarin. Mungkin bro semua ada yang ditawarkan moge Ninja 1000 abu-abu tersebut boleh bantu hubungi. Moge Kawasaki Ninja 1000 Plat No. B 3768 EGB milik bro @rivellinoadraa digondol maling pagi 04 Januari 2018 sekitar Pukul 03.20 WIB di daerah bogor TKP, kunci masih nyantol, buat teman-teman yang lihat boleh bantu kawan tersebut,” tulis akun @rnj_motorsport dalam keterangan fotonya.

Baca juga : Viral, Moge Kawasaki "Digondol" Maling di Indonesia

Kunci kontak sudah immobilizer pada Ninja 1000.Istimewa Kunci kontak sudah immobilizer pada Ninja 1000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com