Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar "Mobil Sejuta Umat" Terlaris Sepanjang 2017

Kompas.com - 27/12/2017, 16:03 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) merupakan segmen terbesar di pasar otomotif nasional. Persaingan antar merek pun semakin ketat, apalagi 2017 ini ada dua pemain baru, yaitu Mitsubishi dan Wuling.

Model yang ada di kelas "mobil sejuta umat" ini ada Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dan Wuling Confero.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales (pabrik ke diler) disegmen ini tahta sebagai mobil terlaris periode Januari-November 2017 masih dipegang Avanza.

Pangsa pasar LMPV November 2017 (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Pangsa pasar LMPV November 2017 (diolah dari data Gaikindo).

Sepanjang tahun ini, LMPV jagoan Toyota itu terjual 109.529 unit. Pencapaian itu apabila dibandingkan dengan tahun lalu diperiode yang sama menurun, yaitu 112.936 unit.

Baca juga: Tak Tergoyahkan, Avanza Masih Kokoh Jadi LMPV Terlaris

LMPV terlaris kedua, dipegang Xenia. Saudara kembar Avanza itu telah terjual 35.501 unit sepanjang 2017 ini. Hasil itu juga menurun jika dibandingkan tahun lalu 41.326 unit.

Selanjutnya, urutan paling laku ketiga dipegang Mobilio dengan total penjualan mencapai 33.366 unit. Sama juga jika dibandingkan tahun lalu menurun, yaitu 37.466 unit.

Paling laris keempat diraih oleh Ertiga dengan total penjualan sepanjang tahun ini mencapai 32.974 unit. Hasil tersebut justru meningkat dibandingkan tahun lalu hanya 28.721 unit.

Wholesales LMPV November 2017 (dioleh dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales LMPV November 2017 (dioleh dari data Gaikindo).

Duo pendatang baru, Xpander dan Confero, dari pertama jualan sampai November 2017 yang paling laku, yaitu Xpander dengan total penjualan 8.329 unit, sedangkan Confero 3.918 unit.

Nah, berikut merupakan daftar "mobil sejuta umat" terlaris sepanjang 2017. Bagaimana dengan tahun depan? Pastinya akan lebih ketat lagi persaingannya, mengingat ada beberapa yang meluncurkan model baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com