Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan "Rest Area", Jangan Paksakan Mengemudi Saat Lelah

Kompas.com - 23/12/2017, 11:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Bepergian ke luar kota dengan mobil pribadi merupakan salah satu cara untuk mengisi liburan panjang. Untuk pengemudi, selain harus memastikan kondisi kendaraan yang digunakan dalam kondi prima, juga termasuk menjaga kondisi tubuh fit.

Pendiri dan Instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menyarankan agar pengemudi tidak memaksakan diri untuk terus berkendara jika lelah. Ketimbang memaksakan diri, beristirahat di rest area dianggap merupakan cara yang lebih bijak.

"Sering kita mengemudi dalam keadaan tidak sadar. Itu manusiawi. Ketika sudah melakukan aktivitas sering, maka tingkat kewaspadaan menurun. Beristirahat sejenak tentu lebih baik daripada memaksakan diri," kata Jusri kepada KompasOtomotif, Jumat (22/12/2017).

Baca juga : Berkendara Saat Lelah Sama Bahayanya dengan Mabuk

Menurut Jusri, pada dasarnya mengemudi membutuhkan dua hal, yakni keterampilan dan kondisi fit. Setrampil apapun keahlian mengemudi tanpa dibarengi kondisi tubuh yang fit, maka berpotensi membuat pengemudi kurang awas.

"Kalau dia terampil tapi dia tidak sadar, tidak baik juga. Seharusnya terampil dan penuh kesadaran," ujar Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com