Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mau Rakit PCX Terbaru di Pabrik Mana?

Kompas.com - 08/12/2017, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Semarang, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) sudah memastikan bahwa generasi terbaru PCX akan diproduksi di Indonesia. Bahkan, disiapkan bukan untuk pasar domestik saja, melainkan bisa diekspor ke beberapa negara.

Sama seperti CBR250RR yang kini basis produksinya ada di Indonesia, dan sudah dikirim ke beberapa negara, termasuk Jepang.

Bicara mengenai skutik gambot, AHM mau memproduksi massal di pabrik yang mana? David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM, belum bisa membocorkan informasi itu. Namun, bisa dipastikan dimulai dalam waktu dekat ini.

"Kalau pabrik mana, tergantung dari kebutuhan. Kita menyesuaikan saja dengan semua itu," ucap David di Semarang, Jawa Tengah, belum lama ini.

Baca juga: Honda Mau Rakit PCX Terbaru di Indonesia

Mengenai persiapan, kata dia sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Artinya, menurut David secara kesiapan pabrik dan juga sumber daya manusia sudah sangat mendukung.

AHM itu sendiri sekarang memiliki empat fasilitas perakitan di lokasi yang berbeda. Pertama di Sunter, Jakarta Utara, selanjutnya di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading.

Pabrik ketiga beralamat di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Terakhir, yang baru diresmikan pada 2014, yaitu di Karawang.

Keseluruhan fasilitas ini, kapasitas produksi motor Honda di Indonesia mencapai 5,8 juta unit. Selain domestik, disediakan juga buat kebutuhan ekspor ke berbagai negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com