Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diler dan Bengkel MINI di Indonesia Masih Terbatas

Kompas.com - 30/11/2017, 09:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bandung, KompasOtomotif - BMW Group mulai menjual merek MINI pada 2011 di Indonesia. Setiap tahun, tren penjualan diklaim terus mengalami pertumbuhan, begitu juga dengan beragam model yang dipasarkan.

Sekarang ini, tersedia lima model, yaitu MINI 3-door, 5-door, Countryman, Clubman. dan Cabrio. Masing-masing punya penggemarnya di Tanah Air.

Selama enam tahun di Indonesia, jumlah diler dan juga bengkel resmi tidak begitu banyak. Hanya tersedia di Jakarta dan Surabaya dengan satu mitra diler, yaitu Maxindo.

"Kami masih butuh waktu untuk mengenalkan kembali merek MINI ke Indonesia. Tetapi, ke depan kami sudah pasti akan terus menambah model dan juga jaringan penjualan serta bengkel," ujar Jodie Otania, Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/11/2017).

Baca juga: Pencapaian Mini Sepanjang Tahun di Indonesia

Sebagai contoh, kata Jodie mulai tahun depan terdapat beberapa strategi baru yang akan dimulai. Sehingga MINI bisa terus berkembang, dan eksis di pasar otomotif nasional, meskipun secara pasar sangat terbatas.

Mini Clubman Black Edition hanya dipasarkan di Inggriswww.autoevolution.com Mini Clubman Black Edition hanya dipasarkan di Inggris

"Kalau ekspansi jelas sekali kita akan terus memperluas. Tetapi di mana dan kapannya, saya belum bisa menjawab itu. Namun, soal kepastian saya tegaskan akan ada," kata Jodie.

Jualan

Meski baru tersedia di dua kota, lanjut Jodie penjualan sudah cukup bagus. Periode Januari-Oktober 2017 secara retail sudah tembus 444 unit, atau meningkat 47,5 persen dari tahun sebelumnya di periode yang sama.

"Konsumen di luar Jakarta dan Surabaya tetap ada yang membeli. Mengenai servis dan lain sebagainya, kami sudah siapkan sehingga jangan khawatir mengenai itu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com