Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Mini JCW Countryman untuk Indonesia

Kompas.com - 16/08/2017, 09:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – BMW Group akhinya mendatangkan New MINI John Cooper Works (JCW) Countryman versi sport di lantai pameran otomotif, GIIAS, BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2017) untuk pasar Indonesia. Model performa tinggi Countryman ini, jadi yang pertama mengaspal di dalam negeri.

Bukan hanya dukungan mesin, yang membuatnya berbeda dari versi “regular”, tapi juga soal fitur, dan desain eksterior serta interiornya.

“Keunggulan model ini adalah soal performanya yang mencapai 231tk dan torsi besar yaitu Nm 350 @1.450-4.500 rpm. Kemudian dilengkapi juga dengan fitur four-wheel drive, di mana menjamin berkendara di segala  medan jalan terasa aman, “ ujar Ariefin Makaminan, Training Manager BMW Group Indonesia kepada KompasOtomotif, Kamis (10/8/2017).

Selain itu, mesin bensin empat-silinder berkapasitas 1.998 cc ini didukung oleh Mini TwinPower Turbo, dengan sistem turbocharging terintegrasi dengan cast steel manifold, sistem injeksi bahan bakar langsung dan sistem kendali katup variabel berbasis valvetronic.

Kemudian fitur lain yang hanya dikembangkan untuk varian ini di antaranya piston khusus, large charge-air cooler, serta radiator tambahan. Dilengkapi transmisi otomatis 8-percepatan dengan Steptronic Sport Automatic, yang membuat mobil ini hanya butuh waktu 6.5 detik untuk mencapai 100 kpj.

Mesin New MINI John Cooper Works (JCW) Countryman.Ghulam/KompasOtomotif Mesin New MINI John Cooper Works (JCW) Countryman.

Ekterior dan Interior

Punya dimensi panjang 4.299 mm, lebar 1.822 mm dan tinggi 1.557 mm, varian ini menjadi model terbesar, di antara varian kendaraan MINI John Cooper Works. Elemen kunci dari model ini tampak dari cooling inlets besar di depan, yang diletakkan di lampu parkir dan lampu kabut dari New MINI Countryman.

“Kelebihan lainnya selain dari sisi mesin dan tenaga, JCW Countryman punya jenis rem dan velg khusus, yang hanya ada di varian ini. Kemudian beberapa aksesori tambahan disematkan dan itu yang sangat spesial. Begitu juga dari sisi interior yang menggunakan sport seat,” ujar Ariefin.

New MINI JCW Countryman hadir dengan lima kursi dengan karakter mobil sport. Ruang kepala, bahu dan kaki mengalami penambahan ruang, dibandingkan dengan model sebelumnya, baik di bagian depan maupun belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com