Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda “Recall” Hampir 1 Juta Odyssey, Indonesia Aman

Kompas.com - 21/11/2017, 07:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah menerima 46 kali pengaduan cedera, Honda Motor akhirnya mengumumkan recall 800.000 unit model upper MPV Odyssey di Amerika Serikat. Ini disebut-sebut karena salah satu komponen kursi penumpang mengalami kerusakan.

Kampanya penarikan kembali produk untuk diperbaiki ini, memengaruhi model Odyssey 2011 sampai 2017 yang dijual di Negeri Paman Sam, dan bisa meluas ke wilayah Kanada, Meksiko dan Korea Selatan.

Pernyataan tersebut seperti yang dikatakan oleh juru bicara Honda, Teruhiko Tatebe, dilansir Japantimes, Senin (20/11/2017).  Honda mengatakan juga, kalau pihaknya saat ini sedang mengirimkan notifikasi kepada konsumennya, soal recall tersebut.

Dalam siaran resminya dikutip Bloomberg Honda menyebutkan, jika jok baris kedua tidak terpasang dengan benar setelah dicopot, ada kemungkinan kursinya bakal terpental ke arah depan ketika pengereman keras dilakukan. Kondisi tersebut dianggap meningkatkan risiko cedera pada penghuni mobil.

Baca juga : Konsumen Outlander Sport Sudah Dipanggil Sebelum “Recall”

All-New Honda Odyssey 2017.Ghulam/KompasOtomotif All-New Honda Odyssey 2017.

Pihak Honda juga mengatakan, kalau mereka sedang mencari cara terbaik untuk memperbaiki kursi, dan mulai memberi tahu pemilik Odyssey soal kerusakannya, melalui surat yang akan disebar pada akhir Desember 2017.

Jika disebut Asia ada Korea Selatan yang kemungkinan ikut kena imbas recall, pihak Honda Indonesia sudah menjamin kalau produk yang dipasarkan di dalam negeri aman. Ini dikatakan langsung oleh  Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM) kepada KompasOtomotif.

“Terkait denga recall di sana, produk yang ada di dalam negeri tidak kena, karena berbeda versi,” ujar Jonfis, Senin (20/11/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com