Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengembangnya "Airbag" Bukan Cuma Faktor Kecepatan Mobil

Kompas.com - 17/11/2017, 16:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Depok, KompasOtomotif - Berfungsinya atau tidaknya kantong udara atau airbag dalam kecelakaan tidak mutlak dipengaruhi kecepatan sebelum tabrakan. Salah satu faktor pendukung lain, adalah seberapa keras benturan yang terjadi.

Pendapat ini dilontarkan Manajer Umum Eksekutif Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto. Semakin keras benturan, maka semakin besar pula tingkat kerusakan, sehingga memicu mengembangnya airbag.

Baca juga : Kata Toyota Soal Airbag Fortuner Setya Novanto

"Tidak tergantung hanya dari kecepatan, tapi damage yang terjadi. Kalau kecepatannya rendah tapi benturannya vital, airbag juga mengembang," kata Soerjo di Depok, Jumat (17/11/2017).

Toyota Camry baru dengan airbag lengkap.TAM Toyota Camry baru dengan airbag lengkap.

Menurut Soerjo, pada dasarnya berfungsi atau tidaknya airbag tergantung dari sensor yang mendeteksi tingkat benturan yang terjadi.

Sensor ini biasanya akan bekerja saat terjadi benturan keras yang mengancam keselamatan penumpang. Pada kondisi inilah, airbag secara otomatis akan mengembang dan melindungi penumpang.

Baca juga : Airbag Tidak Berfungsi saat Fortuner Setya Novanto Kecelakaan

"Kalau sensornya tidak kena, dengan kata lain titik vital dari passenger baik yang menyetir maupun penumpang disebelahnya masih aman, ya (airbag) tidak akan mengembang," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com