Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Menyebabkan Naiknya Harga Sepeda Motor Baru?

Kompas.com - 02/11/2017, 20:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Harga sepeda motor baru setiap bulannya tak jarang mengalami kenaikan,  walaupun tidak melulu. Apabila mengalami kenaikan, besarannya bervariasi, dari mulai sekitar puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Fluktuatifnya harga motor ini ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang terkait langsung dengan proses produksi maupun tidak.

"Pada umumnya, kenaikan harga sepeda motor dapat disebabkan karena kenaikan biaya administrasi pengurusan surat kendaraan bermotor, penyematan teknologi baru dan kenaikan harga bahan baku," kata Public Relations Manager PT Astra Honda Motor selaku produsen sepeda motor Honda, Rina Listiani kepada KompasOtomotif, Kamis (2/11/2017).

 

Sepeda motor sport terlaris AHM di tiga bulan pertama 2014, Honda CB 150R Streetfire.Febri Ardani Sepeda motor sport terlaris AHM di tiga bulan pertama 2014, Honda CB 150R Streetfire.

Menurut Rina, apabila tidak ada perubahan dari faktor-faktor yang disebutkannya itu, maka dapat dipastikan harga sepeda motor tidak akan naik. Kondisi itulah yang kini terjadi pada motor-motor merek Honda yang diproduksi Astra.

Memasuki awal November ini, harga-harga sepeda motor Honda diketahui tidak ada yang mengalami perubahan dibanding Oktober kemarin. Rina menyatakan hal itu disebabkan karena tidak adanya perubahan biaya administrasi pengurusan surat kendaraan, bahan baku, ataupun penggunaan teknologi terbaru.

"Pada prinsipnya kami selalu berusaha menyediakan sepeda motor dengan harga yang kompetitif kepada masyarakat," kata Rina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com