Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Yamaha: NMAX Bertenaga Listrik, Mudah Saja

Kompas.com - 02/11/2017, 15:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mengonversi sepeda motor bermesin pembakaran jadi berteknologi listrik sepertinya bukan hal sulit buat pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Bahkan dikatakan tidak menutup kemungkinan skutik maxi Yamaha NMAX juga beralih ke listrik seperti yang sudah dilakukan Honda pada generasi terbaru PCX.

Baca: Harga Honda PCX Baru Akan Tempel NMAX

Bukti Yamaha bisa melakukan transformasi ada pada skuter E-Vino yang jadi model pembuka uji coba motor listrik YIMM. E-Vino yang saat ini hanya dijual di Taiwan dan Jepang dirancang dari skutik Fino.

Bodi E-Vino memang terlihat sama seperti Fino, namun punya spesifikasi berbeda. Terutama soal mesin dan sistem gerak. Tenaga dari umber penggerak listrik E-Vino kira-kira sama dengan mesin 50cc.

Honda PCX Listrik              Aditya Maulana - KompasOtomotif Honda PCX Listrik

“Saya pikir sih apa saja bisa. Teknologi dari bensin ke listrik itu lebih mudah Cuma mengganti,” ucap Dyonisius Beti, Executive Vice President YIMM, di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Dyonisius juga mengatakan “mudah” mengubah NMAX yang saat ini menggendong mesin 150cc ke teknologi listrik. “Saya pikir itu kami siap saja, enggak ada masalah. Tapi saya baru dengar, PCX (hibrida dan listrik) mau dipasarkan (di Indonesia),” kata Dyonisius.

Baca: Honda Mau Rakit PCX Terbaru di Indonesia

Generasi baru PCX dengan teknologi hibrida dan listrik sudah meluncur di Tokyo Motor Show (TMS). Pihak Astra Honda Motor (AHM) sudah mengakui ingin memproduksinya dengan kisaran harga jual Rp 30-an juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com