Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BR-V Mulai Bangkit, S-Cross Gagal Fokus

Kompas.com - 18/10/2017, 07:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah terpuruk dengan penjualan hanya satu unit pada Agustus 2017, mendadak wholesales Honda BR-V langsung melonjak di bulan berikutnya. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BR-V sukses terjual 2.471 unit, September 2017.

Jumlah tersebut langsung menyalip dan menggeser posisi HR-V 1.5L ke urutaan kedua dengan penjualan pada September sebanyak 2.441 unit. Ini kali pertama HR-V 1.5L tergeser dari zona nyamannya setelah dari Januari hingga Agustus menjadi pemimpin di segmen LSUV.

Sementara untuk posisi ketiga pada September, di tempati Toyota Rush dengan pencapaian 1.441 unit. Setelah itu disusul oleh saudara kembarannya, Daihatsu Terios, dengan penjualan 506 unit.

Menariknya, posisi kelima yang selama ini dikuasai Suzuki SX4 berhasil disalip Chevrolet Trax dengan penjualan 173 unit. Sementara SX4 sendiri hanya 129 unit, turun dibandingkan penjualan pada Agustus yang mencapai 249 unit.

Baca : Kuartal Ketiga, Penjualan Mobil Dapat Hasil Manis

Sales promotion girl berpose di samping Suzuki SX4 S-Cross generasi terbaru saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Sales promotion girl berpose di samping Suzuki SX4 S-Cross generasi terbaru saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Ketika dikonfirmasi soal penurunan SX4, Head of Research and Brand Development 4W SIS Harold Donel, mengatakan penurunan lebih karena adanya produk baru.

"Dari diskusi internal sebenarnya tidak terlalu signifikan. Kemarin itu kita lagi giat dengan Baleno Hatchback, jadi ada sedikit pengalihan fokus. Bulan ini kita pastikan labih baik lagi," ucap Harold kepada KompasOtomotif, Selasa (17/10/2017).

Baca : Xpander Belum Dihitung, Avanza Masih yang Terlaris

Untuk urutan selanjutnya masih sama dengan posisi pada Agustus, yakni Mazda CX-3 dengan pejualan 67 unit. Sementara urutan kedelapan ditempati Nissan Juke yang pada September terjual 26 unit, lebih tinggi dibanding Agustus.

Total keseluruhan LSUV pada September terjual 7.254 unit. Sedangkan akumulasi penjualan LSUV sejak Januari hingga September 2017 sebanyak 71.535 unit.

Pasar LSUV diolah dari data Gaikindo September 2017 Pasar LSUV diolah dari data Gaikindo September 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com