Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Audio Kia Terlihat Kaku, Ada Alasannya

Kompas.com - 13/10/2017, 13:42 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Kompas Otomotif - Kia Mobil Indonesia (KMI) hadir dengan beragam produk baru dalam kurun waktu satu tahun belakangan. Sesuai strategi global, KMI menghadirkan produk-produk dengan desain terbaru dan fitur terlengkap.

Namun salah satu bagian yang kerap jadi perhatian adalah desain head unit pada dashboard masing-masing produk. Kia masih memberikan desain konvensional dengan beragam tombol dan layar monokrom yang tidak terlalu besar.

Berbeda bila melihat desain dashboard dan head unit kebanyakan produk kendaraan saat ini yang sederhana dengan layar sentuh berukuran besar. Ternyata ini ada alasannya.

"Memang kita membawa seperti yang ada di Kia global. Alasannya agar kegiatan berkendara tidak terganggu," ucap Tonny Saptono, Senior Intructur dan Product Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI) beberapa waktu lalu.

Baca : Kia Rio Generasi Ke-4 Meluncur di IIMS 2017

Tonny mengungkapkan, desain ini yang disetujui Kia untuk produk global mereka. Penggunaan layar sentuh misalnya tidak direkomendasikan saat berkendara karena terlalu banyak konsentrasi terbagi untuk memilih menu, hiburan dan lainnya.

Namun bukan berarti audio Kia ketinggalan jaman. Beragam fitur untuk memudahkan konektifitas dan kegiatan dengan telepon genggam diberikan. Pemilihan media, telepon, serta operasi audio dapat dilakukan dengan tombol pada lingkar kemudi.

"Varian GT Ultimate pada Sportage terbaru misalnya, itu juga sama. Itu varian tertinggi, di Korea bentuknya juga seperti itu. Tidak berubah untuk faktor keselamatan," ucap Tonny.

Interior Kia All New SportageKompasOtomotif Interior Kia All New Sportage

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com