Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Persen Mobil BMW Indonesia Produksi Lokal

Kompas.com - 04/10/2017, 18:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - BMW sudah memulai produksi lokal di Indonesia sejak 1976. Sudah lebih 40 tahun hingga sekarang, 80 persen mobil BMW yang dijual di dalam negeri merupakan produksi lokal secara Completely Knock Down (CKD).

Model-model BMW produksi lokal adalah sedan Seri 3, Seri 5, Seri 7., serta model SUV X1, X3, dan X5. Model yang tidak diproduksi lokal yakni Seri 1, Seri 2, Seri 4, Seri 6, X4, dan Seri performa M.

“80 persen yang dijual di dalam negeri itu rakitan lokal, cuma sedikit yang CBU (Completely Built Up) karena memang pajak dari pemerintahan yang tinggi dan aturan lainnya,” kata Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania, di Kantor Kompas.com, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

BMW tidak punya pabrik perakitan di Indonesia. Proses perakitan mobil dikerjakan oleh anak perusahaan mitra lokal, Astra International, yaitu PT Tjahya Sakti Motor dan PT Gaya Motor Indonesia.

Baca: Logo Baru BMW untuk Segmen Elite

“Kendaraan paling mewah BMW itu sudah dirakit di Gaya Motor. Kualitas perakitan di Indonesia sudah sama seperti di Jerman. Kalau kualitas tidak pernah ada masalah,” ucap Jodie. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com