Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda6 dan RX Bakal Pakai ”Platform” Toyota

Kompas.com - 26/09/2017, 08:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber inautonews

Tokyo, KompasOtomotif – Berdasarkan informasi dari banyak media di Jepang, kemitraan Mazda dan Toyota segera menelurkan hasil nyata. ”Karya” pertama kolaborasi keduanya adalah Mazda6 baru dan RX-Vision yang bakal meminjam platform penggerak roda belakang Toyota.

Menurut laporan yang beredar, arsitektur yang digunakan Mazda6 dan RX akan sama sekali baru, digunakan juga untuk model premium Toyota macam Lexus IS dan GS.

Rumors ini cukup membingungkan, karena Mazda6 sendiri sudah punya platform ideal dengan teknologi Skyactiv yang digembar-gemborkan. Mungkin akan lebih tepat jika digunakan untuk RX-Vision Concept yang memang masih dalam tahap pengembangan.

Baca: Mazda CX-8 Tujuh Penumpang Sudah Bisa Dipesan

Slentingan lain, rumors tersebut juga menyatakan bahwa bahasa desain Mazda6 akan lebih premium. Perusahaan telah menegaskan, dari sisi penggerak, mesin Skyactiv X dengan kompresi yang lebih tinggi bakal mendukung peningkatan performa.

Mazda sudah menaikkan level hubungan dengan Toyota, didapati bahwa keduanya telah bersama-sama mendirikan pabrik di Amerika Serikat dan telah berbagi platform serta model kendaraan komersial di Jepang.

Satu lagi yang menjadi misteri, bahwa jadwal munculnya hasil kolaborasi dua merek itu belum terendus. Apakah Mazda harus menunggu Mazda6 pensiun pada 2019, atau harus menunggu sampai 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber inautonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com