Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tongtoll, Bakal Jadi Tren Baru Pengguna Mobil

Kompas.com - 12/09/2017, 17:52 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Segera diberlakukannya pembayaran tol dengan uang eletronik (e-money) ternyata menumbuhkan bisnis baru. Atas nama kendala yang dihadapi banyak orang ketika melakukan tap kartu e-money ke mesin di pintu tol, mulai banyak dijual dengan yang disebut ”Tongtoll” ada juga yang menyebut "Tongcard".

Kurang lebih ”Tongtoll” adalah kependekan dari ”tongkat e-toll”, yang berfungsi sebagai kepanjangan tangan pengemudi untuk melakukan tap kartu e-Money. Bentuknya sederhana, berukuran panjang dan di ujungnya ada tempat untuk menyelipkan kartu uang elektronik.

Nah, jika kita menelusuri berbagai toko online, Tongtoll sudah mulai banyak muncul. Modelnya pun beragam, mulai dari yang berbahan plastik dengan panjang yang sudah paten, atau ada juga yang seperti antena, bisa dipanjang-pendekkan.

Kelebihannya pun macam-macam. Pada satu model, penjual mengklaim ujung tempat kartu bersemayam, bisa disesuaikan atau diputar-putar, plus ada semacam per agar proses tapping makin mudah (menyesuaikan dengan sudut kita menge-tap).

Harga paling murah di kisaran Rp 12.000, ini adalah versi plastik dengan ujung paten. Kalau mau yang lebih mahal, siapkan Rp 50.000-an untuk mendapatkan Tongtoll dengan ujung dengan per. Versi yang terakhir ini juga bisa dipanjang-pendekkan, dengan ukuran 25-73 cm.

Berminat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com