Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Pertama yang Dites Tabrak Euro NCAP 20 Tahun Lalu

Kompas.com - 10/09/2017, 20:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Inautonews

Brussels, KompasOtomotifEuro NCAP memperingati usia yang ke-20 tahun sejak pertama kali eksis pada 1997 silam. Lembaga keselamatan yang bertugas menabrakkan mobil-mobil untuk diketahui tingkat keamanannya terhadap penumpang itu pun menunjukkan sesuatu yang spesial.

Arsip pun dibongkar, menunjukkan betapa lembaga ini berkomitmen utnuk mengetes mobil agar memacu produsen memberikan kendaraan yang aman. Mereka pun merilis berbagai angka, dan paling penting, mobil yang pernah ditabrakkan bernilai setara 192 juta dollar, setara Rp 2,5 triliun!

Angka itu didapat dari lebih 1.800 mobil yang dihancurkan selama proses. Estimasi pun keluar, bahwa dengan jumlah itu, nyawa yang terselamatkan mencapai 78.000 jiwa.

”Kami sangat bangga melewati 20 tahun di garda depan keselamatan jalan raya. Program Euro NCAP menyelamatkan banyak nyawa, mengembangkan mobil untuk lebih ramah, dan membantu mencapai fatalitas serendah mungkin,” ucap Michiel van Ratingen, Sekjen Euro NCAP.

Demi merayakan itu, lembaga keselamatan tersebut merilis data mobil pertama yang mereka tabrakkan, yakni Rover 100. Model ini mulai dijual pada 1997 dan beredar selama delapan tahun.

Dari foto, bisa dibayangkan boneka-boneka yang mirip penumpang (dummy) hancur sebagian setelah ditabrakkan dengan kecepatan 48 kph. Kemungkinan cedera bahkan meninggal dunia sangat besar, meski ada besi penahan bodi samping dan kantung udara.

Simak video berikut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Inautonews



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com