Konsep “DN Multisix”, Penerus Avanza-Xenia atau Berdampingan? - Kompas.com

Konsep “DN Multisix”, Penerus Avanza-Xenia atau Berdampingan?

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 11/08/2017, 10:51 WIB
Konsep Daihatsu DN Multisix, Kamis (10/8/2017).`Ghulam/KompasOtomotif Konsep Daihatsu DN Multisix, Kamis (10/8/2017).`

Tangerang, KompasOtomotif – Produsen terbesar dalam negeri PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dari sisi volume produksi, mulai gulirkan dua calon model barunya yang masih berupa konsep. Di segmen MPV ada DN Multisix bermesin 1.5L,  kemudian yang lainnya yaitu DN F Sedan.

Namun yang menarik disorot adalah DN Multisix (Daihatsu New Multisix), yang terendus akan menjadi suksesor dari Avanza-Xenia. Namun, di beberapa pernyataan pihak Daihatsu, model ini kemungkinan juga hanya bakal menambah line–up Daihatsu, sehingga anak perusahaan Toyota ini bakal punya tiga jagoan di segmen MPV, Xenia, Sigra dan konsep "DN Multisix”.

“Kalau disebutkan pasar MPV itu cocok untuk Indonesia, tentu betul, dan kami juga punya dua backbone saat ini, Sigra dan Xenia. Kemudian ini juga salah satu pemikiran kami untuk menambah setidaknya produk line-up kami di MPV (merujuk pada DN Multisix),” ujar Pradipto Sugondo, Executive Officer Research & Development PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Kamis (10/8/2017).

Salah satu argumen yang cukup kuat lainnya, terkait DN Multisix hanya akan mendampingi Avanza-Xenia, yaitu soal penggerak roda depan yang akan disematkan ketika survey pasar positif. Kalau akhirnya begitu, nampanya sulit menggantikan Avanza-Xenia yang citranya sudah kuat di penggerak roda belakang.

Pasalnya Indonesia memiliki kontur dan medan jalan yang beragam, terutama di luar daerah kota, jalanan naik-turun cukup mendominasi. Di sinilah kelebihan dari sistem penggerak roda belakang cukup dibutuhkan.

Apakah Pengganti Avanza-Xenia?

Penyataan lainnya yang cukup menarik, datang dari Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM). Dirinya secara spontan menuturkan, kalau ini akan menjadi pengganti Avanza-Xenia, ketika ditanyakan KompasOtomotif. Walupun pada ucapan selanjutnya, Amelia menampik mengetahui ujung dari mobil konsep ini.

“Iya memang, kalau lihat bentuknya kan?,” ucap Amelia ketika ditanyakan soal rumors kalau ini akan menjadi suksesor Avanza-Xenia.

Pertanyaan lanjutannya, apakah kemungkinan dua tahun lagi ini akan menjadi penggantin Avanza-Xenia, Amelia menjawab “Tidak mau ngomong ya, kalau dibilang apakah bisa, ya saya bilang apa juga bisa,” ucap Amelia.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM