Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Voxy akan Gerus Konsumen Alphard?

Kompas.com - 07/08/2017, 13:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Astra Motor (TAM) segera meluncurkan Voxy sebagai pengganti NAV1. MPV yang bermain di segmen menengah ke atas ini akan datang pada Gaikindo International Auto Show (GIIAS), di Tangerang, (10/8/2017).

Secara tampilan dan fitur, Voxy punya tampang lebih mewah dibandingkan NAV1. Desain futuristik dengan sentuhan sporty menjadi daya tarik, terlebih dengan moonroof pada baris pertama dan panoramic roof di baris kedua yang sudah menjadi fitur standar MPV asal Jepang ini.

Baca : Modal Toyota Voxy Gantikan NAV1

Dengan beberapa kelebihan dan fitur yang sudah cukup mewah, besar kemungkinan Voxy juga bisa mencuri market Toyota Alphard. Apalagi dengan harga yang lebih "bersahabat".

Menanggapi pertanyaan tersebut, Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, tidak menampik bila kondisi tersebut bisa terjadi, tapi dari sisi porsi tetap tidak akan menggangu keseluruhan pasar Alphard .

"Perlu diketahui untuk Alphard saat ini itu lebih besar demand dibandingkan supply, jadi bisa dibayangkan peminat Alphard di Indonesia. Kemungkinan bisa saja Voxy menyasar ke konsumen Alphard, jadi demand yang tidak tertampung bisa lari kesana," kata Soerjo saat dihubungi KompasOtomotif, Jumat (4/8/2017).

Penampakan eksterior Toyota Voxy, MPV terbaru dari ToyotaOtomania Penampakan eksterior Toyota Voxy, MPV terbaru dari Toyota

Namun Soerjo menjelaskan bahwa bagi konsumen Alphard yang dari status merupakan pengguna high-end masih ada unsur gengsi untuk turun ke Voxy. Menurut Soerjo, untuk kalangan atas biasanya tidak akan memakai Voxy sebagai mobil pribadi.

Baca : Siapkan Rp 1,3 Miliar buat Tebus Alphard Hybrid

"Secara harga memang lebih murah, yang satu Rp 1 miliar lebih yang satu lagi antara Rp 450 sampai Rp 500 jutaan. Tapi yang harus diperhatikan di konsumen kita masih ada orang yang memperhatikan nilai mobil dari harga, mereka yang menggunakan Alphard pasti merasa punya prestige. Besar kemungkinan mereka beli Voxy justru untuk mobil kedua, entah untuk istri atau anak," ujar Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com