Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan ”Jet Darat” Mobil Balap F1 2025

Kompas.com - 04/08/2017, 09:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

New York, KompasOtomotif – Ketika mobil balap Formula 1 akan mengadopsi pelidung kepala pebalap—disebut halo cockpit head protection—pada 2018, para desainer justru sudah meninggalkannya untuk melihat lebih jauh pada 2025 dengan penampilan mobil yang lebih elegan.

Ya, halo cockpit kurang disukai pebalap, terutama dengan desainnya yang aneh dan nanggung. Bahkan juara dunia F1 Lewis Hamilton pernah mengatakan bahwa perlindungan kepala kalau perlu mengadopsi model jet tempur dengan penutup khusus.

Keinginan Hamilton itu coba diwujudkan desainer Behance bernama Antonio Paglia. Berkat dia, kita bisa melihat bagaimana mobil F1 bisa sangat futuristik dengan penutup (kanopi) pebalap, terintegrasi mulus dengan bodi mobil.

Tak seperti mobil F1 saat ini, versi khayalan 2025 bahkan menggunakan peranti aerodinamika yang jauh lebih kompleks dengan lebih banyak kurva pada panel bodi. Tapi sekilas, justru versi seperti ini membuat penampilan makin kelihatan bersih.

Menariknya, sayap belakang tak lagi kaku, didesain seperti yang sering ditemukan di ajang balap mobil touring. Terus terang, penampilan ini membuat mobil F1 makin tampak modern, simpel, dan tak bertele-tele dengan banyak peranti aerodinamika.

Susah membayangkan, apakah desain seperti ini bakal diimplementasikan FIA dalam delapan tahun ke depan. Tapi, jika disuruh memilih, kokpit dengan tutup macam jet tempur itu akan lebih baik ketimbang pelindung yang bernama halo cockpit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com