Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Lexus Masih Mendominasi Indonesia

Kompas.com - 27/07/2017, 07:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hasil manis Lexus di semester pertama 2017, disumbang besar dari segmen sport utility vehicle (SUV), lewat andalan RX 200t. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kontribusinya tercatat, 75,97 persen, dari total wholesales Lexus.

Sementara pada posisi kedua ada model SUV yang lebih kecil NX 200, yang menopang 12,57 persen (91 unit), diikuti oleh MPV Lexus LX570 dengan sumbangsih 8,43 persen (61 unit).

Backbond-nya SUV, karena memang secara global komposisi SUV bertambah, kalau dulu kan 80 persen sedan 20 persen SUV di seluruh dunia. Namun saat ini terbalik, di mana RX paling besar sekarang,” ujar Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia, Rabu (26/7/2017).

RX Masih Primadona

Adrian menyebutkan kalau sampai saat ini, bahkan masih ada 200 konsumen yang masih belum mendapatkan unit. Lexus Indonesia masih menunggu pasokan tambahan, untuk dikirimkan ke konsumen yang sudah memesan.

“Mobil itu memang sampai sekarang masih menjadi primadona, sekitar 200 unit lagi masih ditunggu oleh konsumen, yang belum datang mobilnya.  Jadi dari data yang dilihat sekarang masih ada 200 unit lagi belum sampai. Ini juga terjadi di pasar global,” ujar Adrian.

Kedatangannya, kata Adrian, akan dilakukan bertahap pada September dan Oktober, bahkan sampai akhir tahun 2017 ini. “Pelan-pelan pasokannya akan datang terus, kira-kira sampai akhir tahun,” ucap Adrian.

Lexus RX menyumbang sampai 75,97 persen (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Lexus RX menyumbang sampai 75,97 persen (diolah dari data Gaikindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com