Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2017, 07:57 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mitsubishi Motors tak punya sejarah main di kelas 1.500 cc untuk Indonesia. Ketika mengenalkan Expander dengan kubikasi rata-rata low MPV itu, muncul tanda tanya, mesin apa gerangan yang disematkan? Apakah benar-benar baru?

”Saya harus mengatakan ’ya’ (baru). Mesin ini dikembangkan atau dimodifikasi dari mesin yang sudah ada sebelumnya. Jadi, 1.500 cc Mitsubishi, ini adalah yang terbaru,” ujar Takaaki Kishii, Chief Product Specialist Product Strategi Division, Mitsubishi Motors Corporation (MMC), (24/7/2017).

Kishii San sempat menyebut kode ”4NI” yang digunakan sebagai basis pengembangan mesin Expander. Namun setelah KompasOtomotif telusuri, kode ini tidak ada dalam kamus permesinan Mitsubishi. Malah muncul kode ”4N1”, yang merupakan generasi mesin diesel 4-silinder.

Kita akan cari tahu lebih detail saat peluncuran resmi (world premiere) yang akan dilakukan bulan depan di Gaikido Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Sementara, kita simpan dulu informasi tentang jenis mesin ini.

Yang jelas, Kishii San menegaskan bahwa mesin ini nanti juga akan digunakan untuk beberapa model 1.500 cc Mitsubishi terbaru. Salah satu ”komandan” pengembangan Expander itu mengatakan bahwa ada beberapa kunci agar mesin diterima masyarakat di segmennya.

”Mesin dikembangkan dengan pertimbangan konsumsi bahan bakar, rasio tenaga, dan torsi. Jadi, kami mengatakan bahwa mesin ini paling cocok untuk Indonesia dan MPV,” ucap Kishii.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com