Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Expander Diklaim Lulus Uji Tabrak

Kompas.com - 25/07/2017, 11:57 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tampang revolusioner dan sejumlah keunggulan Mitsubishi Expander sudah dibeberkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), meski belum lengkap. Salah satu aspek yang keterangannya masih setengah-setengah adalah faktor keamanan.

Mitsubishi hanya memberi informasi awal soal struktur bodi yang kuat via Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) body. Ini adalah teknologi yang berfungsi sebagai fitur keamanan pasif.

Saat terjadi benturan keras, maka bodi bagian depan dan belakang akan menyerap energi benturan untuk melindungi penumpang di dalamnya sehingga bagian depan akan crumpy (menyesuaikan dengan benturan).

Selebihnya, MMKSI masih menyimpan rapat-rapat. Tapi kalau diamati saat sesi pengenalan di Fairmont Hotel, (24/7/2017), bagian depan sudah dibekali dengan kantung udara. Sabuk pengaman pun sudah ada di setiap tempat duduk.

Baca:Toyota Sebut Expander Sebatas Level Mobilio

Bagaimana dengan pelindung bodi samping, peranti rem, dan fitur-fitur keamanan canggih lainnya? Mitsubishi hanya menyatakan bahwa semua akan dirilis dalam peluncuran di ajang GIIAS 2017, bulan depan.

Namun, Takaaki Kishii, Chief Product Specialist Product Strategi Division, Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Jepang, mengatakan bahwa Expander sudah lulus uji keamanan internal, termasuk melakukan tes tabrak.

”Kami sudah melakukan serangkaian uji tabrak di pusat riset dan pengembangan kami di Jepang. Bahkan sudah mendapatkan rating bintang ASEAN NCAP,” kata Kishii San.

Sayang, Kishii belum membeberkan, berapa rating  yang diperoleh Expander dalam tes tabrak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com