Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir Semua Produk BMW Berstatus Lokal

Kompas.com - 14/07/2017, 07:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifBMW terus menunjukkan komitmen untuk pasar Indonesia lewat produk-produk rakitan lokal. Terbaru, sedan luks Seri 5 pun sudah berstatus compeletly knocked down (CKD), di fasilitas perakitan milik PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Alhasil, kini, hampir semua model BMW yang dipasarkan di Indonesia sudah dirakit di dalam negeri. Selain Seri 5, model lain yang lebih dulu dilokalkan adalah BMW X1, X3, X5 di deretan SUV. Lalu sedan Seri 3 dan Seri 7 juga sudah berstatus sama.

”Tidak ada yang dikorbankan untuk merakit lokal Seri 5, karena kapasitas produksi masih memungkinkan. Kami pun masih bisa menambah (model) produksi lokal jika memang ada permintaan,” kata Jodie O’Tania, Vice President Corporate Communication BMW Indonesia (12/7/2017).

Kendati menegaskan kapasitas yang cukup, Jodie enggan menyebut kapasitas produksi. Dia hanya bisa menginformasikan bahwa sampai saat ini pabrik perakitan Gaya Motor atau Cahaya Sakti Motor masih bisa meng-cover kebutuhan produksi BMW dalam negeri.

Soal kandungan komponen lokal, Jodie mengatakan bahwa BMW belum terlalu signifikan. ”Makanya saya tidak menyebutkan hal tersebut. Karena seperti yang saya katakan, BMW adalah brand premium, yang dari segi penjualan masih terus berkembang di Indonesia,” ucapnya.

Lalu, model apa lagi yang akan dirakit lokal? Tidak ada informasi yang bisa diberikan Jodie. Pastinya, keputusan untuk melokalisasi produk dilihat dari skala ekonomi. Jika memang sebuah model dianggap memenuhi hal tersebut, diukur dari seberapa banyak permintaannya, kemungkinan untuk dirakit lokal akan selalu terbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com