Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Radial IRC Bisa Diproduksi di Indonesia

Kompas.com - 12/04/2017, 18:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Karawang, KompasOtomotif - IRC Tire menambah jajaran produk ban sepeda motor dengan meluncurkan RMC 810 di Indonesia. Ban yang diciptakan untuk pengguna motor sport (150-250 cc) itu punya jenis radial dan bersatus masih impor utuh alias completely build-up (CBU) dari Jepang.

Bahkan, karena Indonesia dinilai sebagai pasar penting, kemungkinan untuk diproduksi di dalam negeri oleh PT Gajah Tunggal Tbk sebagai pemegang lisensi IRC Tire, sangat terbuka luas. Tetapi, tidak dalam jangka waktu dekat ini.

"Kita lihat dulu bagaimana pasarnya, kalau memungkinkan dua atau tiga tahun lagi bisa dibuat di Indonesia," kata Satoshi Akatsuka, Head of Product Development IRC Tire Jepang di Karawang, Rabu (12/4/2017).

Pria asal Jepang itu percaya, pasar ban jenis radial juga akan berkembang dan menjadi tren di Tanah Air, seiring dengan bertumbuhnya pengguna motor sport dan status ekonomi masyarakat di kelas menengah ke atas. Sebab, pasar ban seperti itu besarnya di segmen motor sport minimal 150 cc.

Aditya Maulana - Otomania Ban Radial IRC RMC 801

Di tempat sama, Arijanto Notorahardjo, EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk menambahkan, semua ban IRC yang dijual di Indonesia sudah diproduksi dalam di dalam negeri. Dia juga percaya bahwa IRC RMC 810 bisa ikut melengkapi jajaran produk ban IRC yang dibuat di Tanah Air.

"Kami sendiri untuk ban jenis radial sudah tidak aneh, sejak 1993 sudah memproduksi terutama buat ban mobil. Jadi secara teknologi kami sanggup dan siap," ujar Arijanto.

IRC RMC 810 itu sendiri merupakan ban radial yang tersedia tiga tipe untuk pasar Indonesia. Harganya Rp 730.000 (110/70 R17) Rp 970.000 (140/70 R17) Rp 1.010.000 (150/60 R17).

Sementara itu, salah satu ciri ban radial, yaitu punya kontruksi dengan sudut 90 derajat dan menggunakan lapisan dari serat baja, sedangkan ban bias memiliki sudut 45 derajat, serta berlapis serat nilon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com