Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Jepang

Tekad Toyota Kembangkan Teknologi Keselamatan dan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 29/08/2016, 18:21 WIB
Aris F Harvenda

Penulis


Yokohama, KompasOtomotif
- “Believe there is always a better way”. Itulah semangat yang selalu didengungkan Toyota untuk melakukan inovasi. Tentunya bertujuan menciptakan kendaraan yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Hal tersebut ditunjang dengan visi peningkatan kualitas mobilitas masyarakat dengan cara aman dan tetap bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

“Pengembangan teknologi keselamatan dan teknologi ramah lingkungan menjadi fokus utama kami,” kata Vice President Direktur Toyota Astra Motor Henry Tanoto dalam siaran pers, Senin (26/8/2016).

Semangat itu membuahkan 2 tekad besar yaitu, menciptakan kendaraan dengan zero fatalities accident melalui pengembangan teknologi keselamatan dan zero emission CO2 melalui teknologi ramah lingkungan.

Fakta

Langkah tersebut menjadi amat penting karena dilatarbelakangi fakta bahwa tidak kurang dari 1,24 juta jiwa menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan raya di seluruh dunia (data Global Status Report on Road Safety 2015 yang dipublikasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Dengan kata lain, rata-rata 3.400 orang meninggal setiap hari.

Angka tersebut bisa meningkat apabila tidak ada langkah nyata sebagai antisipasi. Diprediksi, pada 2020 korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 1,9 juta jiwa.

Kualitas udara

Di sisi lain, menurut laporan Climate And Health Country Profiles 2015 yang diterbitkan oleh World Health Organization (WHO) dan United Nations-Framework Convention Climate Change (UN-FCCC), emisi CO2 telah menyebabkan kualitas udara memburuk di berbagai belahan dunia. Bahkan disebutkan jadi salah satu penyebab meningkatnya angka kematian.

Hampir 4,3 juta jiwa meninggal setiap tahun sebagai akibat tidak langsung polusi udara yang memicu berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Laporan itu juga menyebutkan, sekitar 14 persen dari emisi CO2 berasal dari sektor transportasi, terutama berasal dari pemakaian bahan bakar fosil.

Kontribusi

Kedua latar belakang tersebut memacu Toyota untuk mengembangkan mobil yang tidak hanya fokus pada kenyamanan dan gaya hidup. Mobil yang dihasilkan harus bisa menekan dampak kerugian jika terjadi kecelakaan. Plus berkontribusi membangun lingkungan hidup yang nyaman.

Melalui semangat mencapai zero fattalies accident dan zero emission, pengembangan berbagai teknologi dan feature terus dilakukan. Tujuan utama agar pelanggan merasa peace of mind, terhindar dari kecelakaan dan polusi udara sebagai akibat dari emisi gas buang.

Apa saja realisasi pengembangan Toyota, nantikan liputan khusus KompasOtomotif langsung dari Jepang...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com