Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Keselamatan Toyota Makin Murah

Kompas.com - 31/03/2015, 11:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Teknologi keamanan aktif untuk keselamatan penumpan bukan lagi hanya ranah mobil premium. Toyota membuat beberapa perangkat elektronik keamanan berkendara menjadi sangat lebih murah untuk dipasang pada mobil kompak dan medium.

Disebut Toyota Safety Sense (TSS), sistem baru ini bakal dimiliki pertama kali untuk Toyota RAV4 2016 dan Avalon 2015, lalu ke lebih banyak model di akhir 2017.  Ada dua paket, TSS C yang dijual 300 USD dan TSS P dibanderol 500 USD.

TSS C khusus untuk mobil kompak, model yang dikatakan akan punya paket ini adalah facelift Corolla.  Isinya mengombinasikan pre-collision system, lane-departure warning, dan automatic high beams. Kelengkapan ini berbasis laser radar untuk mengidentifikasikan “masalah” dan melaporkan melalui sinyal auido dan visual.

Teknologi pre-collision system kini semakin terjangkau. Fungsinya mengurangi atau menghentikan laju mobil sebelum tabrakan. Fitur ini aktif akan bekerja pada kecepatan 30 sampai 80 kpj.

Sementara itu TSS P tersedia untuk model medium ke atas, lebih khusus untuk pasar yang gemar mobil berdimensi besar seperti Amerika Serikat. TSS P terdiri dari semua paket TSS C dengan tambahan pedestrian detection dan adaptive cruise control.

“Idenya membuat teknologi ini tersedia di seluruh dunia,” kata juru bicara Toyota Cincy Knight, Car and Driver, Senin (30/3/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com