Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Verstappen Geser Kyvat di Tim Red Bull Racing

Kompas.com - 06/05/2016, 09:39 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Otomania – Kejutan datang dari tim Red Bull Racing beberapa hari sebelum gelaran GP Spanyol. Mereka mengumumkan ada pebalap baru yang masuk ke dalam tim, yakni Max Verstappen, menggantikan Daniil Kyvat.

Verstappen yang sebelumnya berada di Torro Rosso- tim saudara Red Bull Racing-bertukar posisi dengan Kyvat. Keputusan ini dianggap mengenjutkan, karena dilakukan di tengah musim balap yang lagi berlengsung, baru masuk balapan keempat bahkan.

Meski terlihat hanya bertukar tempat namun ini merupakan lompatan besar bagi karir Verstappen di ajang F1. Berada di tim utama Red Bull Racing jelas memiliki kesempatan berbeda dibanding di tim lapis kedua seperti Torro Rosso.

Hukuman

Sedangkan, bagi Kyvat, keputusan ini seolah seperti hukuman yang harus diterima karena melakukan beberapa kesalahan pada beberapa seri balapan sebelumnya. Terakhir, ia menabrak mobil Sebastian Vettel di GP Rusia yang menyebabkan pebalap Jerman tersebut marah besar hingga menyambangi pit Red Bull Racing Tim.

Cristian Horner, Prinsipal Tim Red Bull Racing mengatakan, ”Max telah membuktikan bakatnya yang luar biasa. Performanya di tim Torro Rosso sangat impresif dan kami sangat senang memberikannya kesempatan untuk menjadi pebalap di Red Bull.”

Christian juga menambahkan, tim Red Bull memiliki keunikan untuk mengganti jajaran pebalapnya yang terkat kontrak untuk berpindah posisi antara tim Red Bull Racing maupun Torro Rosso.

Mengenai Kyvat, Christian berharap pebalap Rusia tersebut melanjutkan kiprahnya dan terus mengembangkan bakat yang dimilikinya bersama tim Torro Rosso yang pernah dibelanya pada musim 2014.

Sementara, Verstappen yang “naik pangkat” mengungkapkan, kalau kesempatan ini membuatnya dapat merasakan berada di tim papan atas, sehingga akan lebih kompetitif.

“Ini kesempatan yang luar biasa. Saya mendapatkan kesempatan untuk belajar dari tim top sekelas Red Bull. Saya juga tidak sabar untuk bekerja bersama rekan satu tim yang lebih berpengalaman, Daniel Ricciardo. Ucapan terimakasih untuk tim Torro Rosso atas seluruh upaya mereka selama saya disana,” ucap Verstappen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com