Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Kehidupan Bus Kota Tertua PPD

Kompas.com - 03/04/2016, 11:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Panas, keringat, kotor, dan sempit, mungkin adalah hal-hal yang dirasakan warga Jakarta saat sebagian mereka berada di bus kota yang beroperasi pada 1970-an. Sisa-sisa kisah epik bisa meraba perasaan saat masuk ke kabin bus tertua Perum PPD (Pengangkut Penumpang Djakarta) yang mejeng di JiExpo Kemayoran Jakarta.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bus PPD Superior Coach Mercedes-Benz OF-1113.
Bus ini yakni Mercedes-Benz OF-1113 PPD Superior Coach, kondisinya dibiarkan seperti sejak pertama kali mengorbit pada 1973. Meski begitu usaha permak bisa terlihat, tambal sulam sana-sini sudah dilakukan di sekujur tubuhnya yang mereyot. Bahkan “matanya” saja beda bentuk.

Febri Ardani/KompasOtomotif Pegangan tangan di bus adalah sumber penyebaran penyakit.
Di kabin ceritanya lain. Suasana yang mencuat yaitu membayangkan saat bus ini masih mengangkut penumpang. Semuanya benda keras, rata-rata interiornya terbuat dari besi yang sudah berkarat.

Febri Ardani/KompasOtomotif Hampir semua indikator dan tombol tidak berfungsi lagi.
Tidak ada sedikit pun benda empuk. Jok penumpang terbuat dari plastik, hanya jok pengemudi yang berbusa itupun pelapisnya sudah banyak sobekan. Sangat memungkinkan semua indikator di hadapan sopir itu mati dimakan usia tanpa reparasi, bisa jadi yang dikontrol hanya tinggal gas, rem, dan kopling saja, serta fungsi seadanya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Detail kabin Bus PPD Superior Coach Mercedes-Benz OF-1113.
A.M Fikri, kordinator acara Mercedes-Benz Bus Untuk Semua yang jadi alasan kenapa Superior Coach muncul ke publik di pameran antar-bisnis suku cadang, aksesori, dan kelengkapan kendaraan (INAPA) yang digelar 29 Maret hingga 1 April, menjelaskan, bus ini sangat dekat hubungannya dengan sejarah jaringan transportasi Indonesia. Umurnya sekarang 43 tahun, tapi bukan berarti berhenti berjasa. Maskot PPD ini sekarang bertugas keliling sebagai storing atau pembantu teknis buat bus lain yang bermasalah di jalan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Satu-satunya benda empuk di kabin jadi keistimewaan sopir, yakni jok berbusa.
Febri Ardani/KompasOtomotif Nuansa jok paling belakang di bus PPD Superior Coach Mercedes-Benz OF-1113.
Febri Ardani/KompasOtomotif Dinilai dari keterangan pada pelat nomor, bus ini masih bisa digunakan di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com