Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Alternatif "Adik" PertaDex dari Pertamina

Kompas.com - 08/03/2016, 07:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– PT Pertamina (Persero) masih melakukan tahap studi terhadap bahan bakar minyak (BBM) jenis baru untuk mesin diesel. Selain sedang menguji, Pertamina mengaku tengah menyiapkan nama untuk produk barunya ini.

Mengurucut, pilihannya ada dua, yaitu Solarlite dan Dexlite. BBM ini nantinya akan mengisi ceruk di antara PertaDex dan solar subsidi, dengan kualitas yang disesuaikan.

“Pilihannya dua itu, tetapi belum bisa diputuskan akan menggunakan nama yang mana. Kita lihat saja nanti,” kata Wianda Pusponegoro, VP Corporate Communication Pertamina kepada KompasOtomotif, Senin (7/3/2016).

Mantan news presenter salah satu televisi swasta nasional ini melanjutkan, sekarang ini pengujiannya semakin intens. Bahkan komunikasi Pertamina dengan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) diklaim berjalan dengan baik serta lancar.

“Yang paling penting itu kita rapihkan dulu dan tentukan cetane number (CN)-nya berapa agar hasilnya bisa sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia,” ujar Wianda.

Secara segmentasi, BBM tersebut akan mengisi ceruk antara Pertamina Dex (PertaDex) dan Solar (biasa). Belum dijelaskan, kadar sulfur yang bakal terkandung di dalamnya. Pasalnya, spesifikasi ini nantinya bakal menjadi acuan bagi konsumen, khususnya mereka yang memiliki kendaraan pribadi bermesin diesel dengan teknologi common rail.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com