Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Rencana Indonesia Gelar MotoGP dan F1 Bersamaan

Kompas.com - 27/11/2015, 18:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Perombakan Sirkuit Internasional Sentul mulai bulan depan bukan cuma untuk MotoGP Indonesia 2017 tapi juga menyambut balapan roda empat kasta tertinggi, Formula One (F1). Hal ini tegas diungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi saat bertemu dengan wartawan, di Senayan, Jakarta, Jumat (27/11/2015).

“LOI (Letter of Intent) yang sudah saya tanda tangani kita minta kepada pihak operator (Dorna Sport) untuk 2017 – 2019. Semoga setelah itu operator dan pihak lain bisa  melirik kita sebagai tempat yang nyaman dan siap menyelenggarakan Formula One,” ungkap Imam.  

Usaha pendekatan dengan operator sudah dilakukan, sebut Imam. Itu artinya pemerintah tengah membuka komunikasi ke penyelenggara F1, Federation Internationale de I’Automobile (FIA).

“Sekali lagi, kita ini pasar yang besar tapi kita belum menyadari pasar itu harus kita ambil, harus kita manfaatkan sehingga tidak hanya ekonomi (membaik) tapi juga muncul pebalap berprestasi. Saya terus mendukung IMI (Ikatan Motor Indonesia), terutama dunia otomotif agar ini tidak hanya jadi hobi tapi ada prestasi yang kita dapat,” beber Imam.

Target

Lantas KompasOtomotif bertanya kapan target Indonesia bisa menggelar F1. “2019, Saya berharap F1 sudah ada di Indonesia. Ini akan terus kita lanjutkan, tolong dibantu ya,” jawab Imam.

Bila benar kejadian, maka Indonesia akan menjadi tuan rumah dua balapan “kelas berat”, MotoGP dan F1, pada tahun yang sama yaitu 2019. Rencana ini bukan cuma bakal membanggakan bangsa tapi juga bisa jadi momentum akselerasi pengembangan otomotif dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com